Share

Mengenang Jasa Kartini di Rumah Jepara

Mutya Hanifah, Jurnalis · Senin 21 April 2014 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 408 973166 Ipx28tL6kX.jpg Museum R.A. Kartini (Foto: iskandarzulkarnain)

21 APRIL diperingati sebagai Hari Kartini, untuk mengenang perjuangan R.A. Kartini sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Untuk melihat lebih jauh perjuangan Kartini, Anda bisa mengunjungi Museum Kartini di Jepara, Jawa Tengah.

Museum Kartini berada di Rembang, Jepara, yang merupakan tanah kelahiran R.A. Kartini. Museum ini didirikan pada 30 Maret 1975, terdiri dari tiga gedung di area seluas 5.210 meter persegi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Museum ini menyimpan benda-benda peninggalan R.A. Kartini dan kakaknya, RMP Sosrokartono, serta benda-benda kuno yang ditemukan di wilayah Kabupaten Jepara. Lokasi museum tersebut terbagi dalam empat ruangan besar.

Ruang pertama berisi koleksi peninggalan R.A.Kartini berupa benda peninggalan dan foto semasa hidupnya. Di antaranya adalah meja, kursi, foto-foto Kartini, radio, koleksi piring Kartini, gerobag Kartini, dan lain-lain.

Ruang kedua berisi benda-benda peninggalan Drs. R.M. Panji Sosrokartono (kakak R.A.Kartini). Raden Sosrokartono merupakan lulusan Universitas Leiden-Belanda, yang menguasai sembilan bahasa asing Timur dan 17 bahasa asing Barat. Semasa hidupnya, dia terkenal dengan julukan “Dokter Air Putih” karena selalu memberi pengobatan dengan air dan kata agung "Alif".

Ruang ketiga museum berisi koleksi benda-benda yng bernilai sejarah, antara lain terdapat tulang ikan raksasa “Joko Tuwo” dengan panjang kurang lebih 16 meter, berat kurang lebih 6 ton, lebar 4 meter, tinggi 2 meter, dan kurang lebih berumur 220 tahun. Tulang ikan ini ditemukan di perairan Karimunjawa pada pertengahan April 1989.

Ingin rafting gratis di CItarik? Buka link ini

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini