Share

Perempuan, Tak Perlu Takut Traveling Sendirian!

Mutya Hanifah, Okezone · Senin 21 April 2014 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 409 973550 U5C3UpIwTd.jpg (Foto: Shutterstock)
A A A

PEREMPUAN masa kini lebih mandiri, bahkan sudah banyak yang berani menjelajahi dunia sendiri. Sayang, banyak kasus kejahatan yang menimpa wisatawan perempuan hingga mempertanyakan apakah aman bila perempuan berpergian sendiri.

Beberapa bulan lalu, India dihebohkan dengan banyaknya kasus pemerkosaan yang menimpa wisatawan asing perempuan di sana. Tak hanya di India, pada 2013 juga tercatat ada kasus pemerkosaan pada wisatawan asing di Dubai, Uni Emirat Arab.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kebanyakan kasus ini menyerang perempuan-perempuan asing di negara-negara Timur, diperkirakan karena adanya tabrakan budaya. Di Barat sana, perempuan sudah biasa berpergian sendiri, tidak seperti di negara-negara Timur yang kebanyakan para perempuannya masih didampingi pasangan atau orangtua saat berpergian. Ini juga mengapa kebanyakan perempuan yang berpergian sendiri berasal dari Eropa atau Amerika Serikat, jarang dari Asia.

Para wisatawan asing inipun sudah mengetahui risiko yang menunggu mereka di tempat tujuan dan mempersiapkan diri. Seperti yang dilakukan oleh Jodi Ettenberg, wisatawan asal New York. Jodi sudah berpetualang sejak 2008 berkeliling dunia dan hingga kini masih melakukannya. 

"Paling dasar adalah menjaga pakaian dan selalu waspada. Tapi sejujurnya, ada beberapa negara di mana wanita memang masih sangat rendah perannya, sehingga bila ada yang berpergian sendiri ke destinasi tersebut akan terlihat aneh dan mencolok," kata Jodi, seperti dikutip dari BBC, Senin (21/4/2014). Ini sebabnya masih ada beberapa negara di dunia yang masih urung dikunjunginya.

Namun, menurutnya, meski banyak kasus kejahatan pada turis akhir-akhir ini, kesadaran warga lokal untuk menjaga keamanan turis pun semakin besar. "Di India ada protes besar-besaran dari warganya setelah merebaknya kasus perkosaan itu. Angkutan umum dan hotel di India pun kini jadi lebih ramah dan aman untuk perempuan," jelasnya.

Perempuan masa kini, menurut Jodi, tak perlu takut berpergian sendiri karena begitu banyaknya informasi yang beredar di internet yang bisa didapatkan dengan mudah. "Sudah banyak wisatawan perempuan yang membuat blog dan berbagi pengalaman mereka di jalan, jadi tak perlu takut," tukasnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini