Share

BI Belum Tahu Soal Akuisisi Mandiri-BTN

Petrus Paulus Lelyemin , Okezone · Senin 21 April 2014 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 457 973207 YXLyqImr57.jpg Agus Martowardojo (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus MartowardoJo mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan surat pemberitahuan atau keterangan resmi terkait rencana akuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

"Kami sampai yang paling akhir belum ada pemberitahuan apa-apa. Saya, paling tidak, dewan gubernur belum menerima," tutur Agus ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (21/4/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rencana tersebut, menurut Agus, merupakan tanggung jawab penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas sisi mikroprudential perbankan nasional. "Saya secara umum serahkan itu kepada dua institusi yang terkait dan juga tentu dari otoritas yang langsung mengawasi yaitu OJK," ucapnya.

Meskipun begitu menurut dia, selama langkah konsolidasi perbankan mendorong perkembangan dunia perbankan menjadi lebih sehat, pihaknya mendukung penuh.

"Tetapi kalau seandainya sistem itu mendorong terjadinya perbankan yang lebih sehat, itu adalah sesuatu yang memang harus kita dukung. Namun itu harus dilaksanakan dengan prinsip pengelolaan yang sehat," terangnya.

Agus menjelaskan, terlaksana tidaknya sebuah proses akuisisi akan sangat tergantung pada kehendak dan niat dari kedua atau beberaa pihak yang berniat melakukan proses tersebut. "Akuisisi itu sangat tergantung dari will dari buyer dan seller-nya," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini