Share

Comeback Ganda Barcelona

Arief Hadi Purwono, Okezone · Senin 21 April 2014 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 46 973095 bHD6JLSVpF.jpg Momen saat Lionel Messi mencetak gol penentu kemenangan Barcelona (Foto: Ist)
A A A

BARCELONA – Barcelona berhasil melakukan comeback ganda pada pertandingan ini. Blaugrana berhasil kembali meraih kemenangan setelah rentetan tiga kekalahan beruntun di tiga pertandingan terakhirnya, serta kembali dari ketertinggalan 1-0 Atas Athletic Bilbao dan menjadikannya kemenangan 2-1.

Hasil ini mengangkat moral tim, setelah dikalahkan Real Madrid di final Copa Del Rey tengah pekan ini. Sekaligus menjaga asa merengkuh trofi satu-satunya yang dapat diraih musim ini, di ajang La Liga. Sementara, Barcelona menggusur Real Madrid di peringkat kedua yang baru akan bermain minggu depan melawan Osasuna dengan 81 poin dan berselisih empat poin dengan pemuncak klasemen, Atletico Madrid dan Bilbao tetap di peringkat empat dengan 62 poin

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Pertama

Sejak wasit Juan Martinez membunyikan peluit, Barcelona langsung melancarkan serangan dengan penguasaan bola yang selama ini menjadi ciri khas tim. Bedanya namun kali ini, bersama Gerardo ‘Tata’ Martino, Xavi Hernandez dkk tidak hanya mengandalkan bola-bola pendek dan mengombinasikannya dengan bola-bola lambung.

Aritz Aduriz! Hampir saja eks pemain Valencia ini mencetak gol pembukanya di Camp Nou saat waktu memasuki 11. Mendapatkan umpan terobosan Ander Herrera, Aduriz melakukan tendangan keras ke kanan gawang Blaugrana, beruntung Jose Manuel Pinto masih sanggup menepisnya untuk tendangan sudut.

Peluang demi peluang keluar pada babak pertama ini, kali ini datang dari Pedro Rodriguez. Mendapatkan bola umpan terobosan Lionel Messi yang melewati dua pemain Bilbao, Pedro melakukan tendangan lemah yang masih dapat dihalau Gorka Iraizoz.

Belum lewat satu menit, Messi kembali membuat Iraizoz berjibaku mengamankan gawang Bilbao. Sejauh ini, tampak terlihat pemain Barcelona tampil trengginas seperti biasa dan tak tampak terpengaruh atas kekalahan yang diterima tim kontra Real Madrid di final Copa del Rey.

Memasuki menit 28, Blaugrana masih belum mengkonversi satupun peluang menjadi gol. Sementara Aduritz hampir saja mencetak gol spektakuler di menit 29. Ya, ia melakukan tendangan salto yang membuat Pinto terperanga melihat bola melaju deras, beruntung tiang masih menyelamatkan gawang Barcelona. Dan tendangan pantulan tersebut, dilanjutkan Susaeta yang membuat Pinto melakukan penyelamatan.

Berjalan terbuka, ganti di menit 31 Blaugrana melakukan penetrasi. Umpan Pedro kepada Alexis Sanchez sebenarnya berhasil disambut dengan baik melalui sepakannya, namun kembali tiang gawang menjadi tema utama pada babak pertama ini dan membuat kedudukan masih sama kuat 0-0.

Dewi fortuna benar-benar menaungi Los Leones -julukan Athletic Bilbao- hingga menit 37 ini. Lagi, Iraizoz menyelamatkan gawang dari tendangan dekat Pedro dan bola rebound sempat sesaat dikontrol Alexis, sebelum bola keluar pertandingan. Hingga akhir babak pertama skor kacamata tetap bertahan

Babak Kedua

Aduritz yang dibabak pertama banyak mengancam gawang Barcelona, akhirnya membuka keran golnya di menit 50. Gol mudah tercipta melalui aksi individu Aduritz, tak mendapat gangguan berarti, ia mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Pinto dan berhasil menceploskan bola. 1-0 Barcelona tertinggal di Camp Nou, tampak terlihat lubang yang ditinggalkan Gerard Pique dan Carles Puyol akibat cedera.

Pedro kembali gagal mengkonversi peluang yang didapatnya di menit 57. Mendapatkan bola dari Xavi, tendangan Pedro masih dapat diantisipasi Iraizoz yang bermain apik sedari menit awal.

Messi! Seperti bukan Lionel Messi yang biasa efektif dan mematikan di depan gawang. Ia gagal menceploskan bola setelah berhasil menusuk masuk kotak penalti di menit 59, bola tendangan kaki kirinya masih melebar dari gawang Bilbao.

Permainan bola lambung yang diperagakan Barcelona tampaknya tidak berjalan baik menghadapi Bilbao yang memiliki pemain-pemain bertahan yang memiliki postur tubuh tinggi.

Gol yang ditunggu publik Camp Nou pun datang di menit 72. Kredit pantas diberikan kepada Daniel Alves yang meliak-liuk melewati dua pemain Bilbao, yang kemudian memberikan bola kepada Alexis yang langsung mengirimnya kepada Pedro yang dengan kelihaiannya merubah arah bola dan masuk kedalam gawang. 1-1 Barcelona menyamakan kedudukan.

Dua menit berselang, Messi membuat Barcelona melakukan comeback. Ya, pemain yang sempat dkritik pedas ini berhasil melesakkan gol cantik melalui tendangan bebasnya yang melengkung dipojok kiri gawang Iraizoz. 2-1 Blaugrana unggul .

Javier Mascherano nyaris menyempurnakan comeback Barcelona di menit 85. Eks pemain Liverpool ini berhasil memotong jalur bola pemain Bilbao dan berlari hingga kedepan penalti, sayang bukannya membagi kepada rekan timnya. Mascherano justru memilih untuk melakukan tendangan yang justru melebar tinggi. Hingga habis pertandingan skor tak berubah untuk kemenangan 2-1 Blaugrana

Susunan Pemain:

Barcelona: Jose Manuel Pinto, Daniel Alves, Adriano Correia, Javier Mascherano, Marc Bartra, Andres Iniesta, Alexander Song, Xavi Hernandez (Cesc Fabregas 69’), Pedro Rodriguez, Lionel Messi, Alexis Sanchez (Cristian Tello 86’)

Athletic Club Bilbao: Gorka Iraizoz, Mikel San Jose, Balenziaga, De Marcos, Aymeric Laporte, Iturraspe (Benat 83’), Erik Moran (Mikel Rico 64’), Susaeta, Ander Herrera (Toquero 85’), Iker Muniain, Aritz Aduriz

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini