Share

Cukupi Kebutuhan Folat, Bumil Wajib Konsumsi Ini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 21 April 2014 08:51 WIB
$detail['images_title']
Ibu hamil bisa konsumsi telur (Foto: Boldsky)

MENGONSUMSI makanan-makanan bergizi sangat diperlukan ketika memasuki masa kehamilan. Salah satu makanan bergizi yang harus dikonsumsi oleh para ibu hamil adalah folat.
 

Folat merupakan salah satu kandungan gizi yang mempunyai fungsi mengoptimalkan perkembangan janin sekaligus mendukung kesehatan ibu hamil. Berikut asupan-asupan mengandung folat yang perlu dikonsumsi para ibu hamil, sebagaimana dilansir Boldsky.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jeruk

 

Jeruk adalah makanan yang kaya folat, oleh karena itu ibu hamil dapat menjadikannya sebagai asupan sehat dalam diet mereka. Buah ini juga memberikan energi untuk tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi.

 

Bayam

 

Folat berasal dari sayuran berdaun hijau, dan bayam merupakan salah satu sumber terbaik folat. Oleh karena itu, para ibu hamil harus memasukkan bayam dalam menu harian diet mereka untuk mencukupi kebutuhan folat selama kehamilan.

 

Telur

 

Makanan lain yang mengandung folat adalah telur. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi yang tinggi seperti kalsium dan zat besi. Namun, Anda harus merebusnya bukan dimasak karena bisa tidak baik dikonsumsi.

 

Brokoli

 

Sayuran ini sangat kaya akan nutrisi yang memberikan dorongan dalam asam folat selama kehamilan. Selain kaya folat, brokoli juga tinggi beta karoten, kalsium, zat besi, dan penuh dengan serat. Selain itu, brokoli merupakan sayuran yang mengandung tinggi vitamin C.

 

Alpukat

 

Buah ini merupakan salah satu makanan kaya folat yang harus disertakan dalam diet selama kehamilan. Selain itu, alpukat juga mengandung nutrisi penting lain seperti asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk perkembangan otak bayi.

(tty)