Share

Puting Lecet saat Menyusui, Apa Sebabnya?

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Senin 21 April 2014 16:08 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi menyusui anak yang benar, (Foto: Google)

BANYAK ibu mengeluh putingnya lecet saat masa menyusui si buah hati. Tak ayal, kondisi itu membuat para ibu memberikan ASI dari payudara sebelahnya.

 

Sayangnya, keluhan lecet itu pun suka terjadi pada payudara tersebut. Jadi, apa sesungguhnya penyebab dari keluhan ini?

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Itu biasanya karena posisi menyusui ibu tidak benar. Si ibu pasti posisi menyusui anak hanya di puting, bukan pada payudaranya (bagian puting keseluruhan)," kata dr. Hikmah kurniasari, MKM pengurus dan konselor Rumah Menyusui di RSIA Budi Kemuliaan, dalam acara bertema “Peresmian Rumah Menyusui Sekaligus Pencanangan Kampanye 9 Bulan Peduli Kesehatan Ibu” di Auditorium Dr. Soemarno Sastroadmodjo RS Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Senin (21/4/2014).

Lantas, bagaimana posisi menyusui yang benar?

"Posisi yang benar, pertama ibu duduk dulu yang benar, bayinya diposisikan lurus. Kemudian kepalanya ditopang dan saat mulut bayi terbuka, langsung diarahkan. Saat puting sudah nempel, dorong sedikit dengan tangan ibunya dan dekap, sehingga dia menghisap puting secara keseluruhan," ungkapnya.

(tty)