Share

Ini Cara Oppie Andaresta Menghormati Perempuan

Rama Narada Putra, Okezone · Senin 21 April 2014 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 21 554 973460 tLPYpB07wx.jpg Oppie Andaresta (kaos singlet hitam di tengah) (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Satu lagi musisi wanita yang dinilai kerap menyuarakan hak perempuan dalam berkarya di dunia musik. Dia adalah, Oppie Andaresta. Musisi yang satu ini memang berbeda dengan penyanyi lainnya.

Solois ini tidak hanya menyanyi, tapi juga menciptakan lagu-lagunya sendiri, yang mayoritas bertema sosial dan mengedepankan suara kebebasan seorang perempuan. Lagu-lagunya tidak hanya enak didengar, tapi juga penuh dengan lirik-lirik yang sarat makna.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pada tahun 1993, di albumnya yang berjudul Albumnya Oppie, lagunya yang menyuarakan mengenai hak perempuan, "Cuma Karena Aku Perempuan", cukup populer pada saat itu. Lagu tersebut memang diciptakannya untuk menghormati sosok perempuan yang telah melahirkan anak.

Namun, entah karena terlalu keras menyuarakan kritiknya, album keempatnya Hitam Ke Putih (2001) itu sempat dicekal pihak Kejaksaan Negeri dengan alasan yang tidak pasti.

Pada tahun 2010, dia kembali menyuarakan mengenai hak perempuan dengan menciptakan sebuah lagu, "Wanita Indonesia". Dengan lagu tersebut, dia ingin mengangkat derajat wanita, dan memerjuangkan kesetaraan gender.

 

(rnp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini