Share

Bocah Naik Pesawat di Roda, Keamanan Bandara AS Jebol

Fajar Nugraha , Okezone · Selasa 22 April 2014 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 22 414 973995 MVMQpooD60.jpg Pesawat Hawaiian Airlines nomor penerbangan 45 (Foto: AP)
A A A
HAWAII - Seorang remaja berusia 15 tahun berhasil naik ke pesawat dengan sembunyi di bagian roda pesawat. Kemudian, remaja itu bisa bertahan selama lima jam dari California ke Hawaii, Amerika Serikat (AS).

Secara ajaib remaja itu berhasil selama dengan menahan dingin dan tipisnya oksigen ketika pesawat mengudara. Ulah remaja yang menyusup masuk ke pesawat Boeing 767 ini, mendapat perhatian dari pihak keamanan setempat.

FBI mengaku menemukan remaja yang masih duduk di bangku SMA itu, tampak berkeliaran di Bandara Maui. Tidak ada kartu identifikasi dipegang olehnya dan kemudian sempat menginterogasinya, serta membawanya ke rumah sakit.

"Dia beruntung bisa selamat tiba di Maui. Tetapi bukan Maui tujuan terakhirnya," ujar Juru Bicara FBI di Honolulu Tom Simon, seperti dikutip Associated Press, Selasa (22/4/2014).

"Ketika di udara, dia pingsan dan tidak sadar hingga satu jam pesawat mendarat di Hawaii. Ketika sadar, dia keluar dari roda pesawat dan dilihat oleh pihak keamanan yang menangkapnya," lanjut Simon.

Tidak diketahui bagaimana remaja itu bisa bertahan hidup di ruangan yang tidak bertekanan, di mana temperatur udara ketika pesawat mencapai ketinggian bisa menyentuh di bawah nol derajat. Sementara oksigen pun terlalu tipis bagi manusia agar tetap terjaga.

Pihak berwenang tengah mencari tahu bagaimana remaja itu bisa melewati serangkaian keamanan. Ini termasuk rekaman video keamanan, pemeriksaan oleh anjing pelacak dan pihak kepolisian.

Kini pihak Bandara Internasional San Jose, -tempat remaja itu pertama kali menaiki pesawat- tengah memeriksa kekosongan pengawasan yang mereka alami. Jelas sekali, lepasnya remaja itu bisa mengartikan bahwa sistem keamanan bandara di AS masih bisa dibobol dengan mudah.

Diperkirkan, remaja itu mendekati pesawat Hawaiian Airlines dengan nomor penerbangan 45 pada malam hari. Bandara yang berada di Silicon Valley, dikelilingi oleh pagar pengaman tetapi ada beberapa dari bagian bandara yang tidak dilengkapi pagar, hingga dengan mudah bisa dimasuki oleh orang tidak dikenal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(faj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini