Share

Lima Kandidat Pengganti Moyes di United

Muhammad Indra Nugraha, Okezone · Selasa 22 April 2014 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 22 45 973668 omDzALuWG8.jpg Pelatih Manchester United, David Moyes. (Foto: Reuters)
A A A

MANCHESTER – Posisi David Moyes di kursi kepelatihan Manchester United dikabarkan segera berakhir dalam waktu dekat ini. Beberapa kandidat pengganti Moyes pun sudah mulai bermunculan.

Belakangan media-media Inggris mengabarkan bahwa posisi Moyes bersama Setan Merah sudah tak aman lagi. Hal tersebut tak lain karena beberapa hasil negatif yang diraih oleh pelatih yang direkomendasikan sendiri oleh Sir Alex Ferguson.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terakhir adalah kekalahan 0-2 United dari Everton di Goodison Park, Minggu 20 April. Atas kekalahan tersebut, Wayne Rooney cs pun semakin sulit untuk mendapatkan tiket ke Eropa pada musim ini depan.

United besar kemungkinan takkan tampil di ajang Liga Champions untuk kali pertama, sejak 1995 lalu. Pasalnya, saat ini United masih stagnan di posisi ketujuh dengan raihan 57 poin dari 34 pertandingan yang telah dilakoninya.

Salah satu media asal Inggris, Metro, mengeluarkan lima kandidat yang dipercaya bakal memimpin tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Kelima kandidat tersebut antara lain:

1. Louis van Gaal

Pelatih asal Belanda ini memang telah memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya bersama Timnas Belanda. Van Gaal akan meninggalkan pasukan De Oranje usai berakhirnya Piala Dunia 2014 di Brasil mendatang.

Van Gaal yang belakangan dikaitkan juga dengan Tottenham Hotspur ini, memang cukup tertarik untuk berkarier di Premier League. Besarnya peluang Van Gaal berlabuh ke Old Trafford, karena adanya Robin van Persie.

Van Persie adalah salah satu pemain andalan Van Gaal di Timnas Belanda. Terlebih, Moyes gagal membuat mantan pemain Arsenal tersebut bersinar seperti musim lalu, sejauh ini Van Persie barus membukukan 11 gol.

2.  Jurgen Klopp

Klopp yang saat ini masih memiliki satu musim tersisa bersama Borussia Dortmund, diklaim adalah waktu yang tepat untuk meninggalkan Signal Iduna-Park pada musim depan. Terlebih, pada musim ini grafik penampilan skuadnya kurang maksimal.

Sepak terjang Klopp bersama Dortmund sejak 2008, terbilang cukup baik. Pelatih berusia 46 tahun ini telah mempersembahkan dua gelar Bundesliga untuk Dortmund pada 2011 dan 2012, serta DFB Pokal pada 2013.

Sebelum United menunjuk nama David Moyes pada musim panas lalu, nama Klopp sudah masuk dalam kandidat pengganti Sir Alex Ferguson. Akan tetapi, Ferguson malah memberi saran pada United untuk mengangkat Moyes.

3. Carlos Queiroz

Querioz sudah tak asing dengan atmosfer Old Trafford, pasalnya ia pernah menjabat sebagai asisten pelatih Sir Alex Ferguson pada medio 2002-2003 dan 2004-2008. Oleh karena itu, mantan pelatih Real Madrid ini dinilai layak menggantikan tugas Moyes.

Pelatih berusia 61 tahun ini juga pernah menangani Timnas Portugal pada 2008. Sayang, Cristiano Ronaldo meraih hasil yang kurang baik pada Piala Dunia 2010 dan Queiroz pun dilengserkan pada 9 September 2010.

Kali ini, Querioz tengah menangani Timnas Iran. Ia sudah menjabat sebagai kepala pelatih untuk Timnas Iran sejak tahun 2011.

4. Ryan Giggs

Giggs yang merupakan pemain veteran United ini, menjadi kandidat kuat pengganti Moyes hingga akhir musim nanti bila Moyes benar-benar dipecat sebalum berakhirnya kompetisi. Pemain berusia 40 tahun ini saat ini memang sudah menjabat asisten pelatih bagi Moyes.

Pemain asal Wales yang telah bergabung dengan skuad senior Setan Merah sejak 1990 ini, memang sudah paham akan seluk-beluk timnya. Bila benar ditunjuk sebagai caretaker, maka Giggs akan memimpin United dalam empat laga sisa di ajang Premier League.

5. Sir Alex Ferguson

Ferguson yang sudah memutuskan pensiun sebagai pelatih United ini, diklaim sebagai opsi terakhir oleh manajemen. Namun, Ferguson kemungkinan akan kembali melatih Wayner Rooney dkk hingga akhir musim saja.

Ferguson bisa dibilang sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kondisi United di musim ini. Pasalnya, ia adalah orang yang mengusulkan Moyes sebagai pelatih United sepeninggal dirinya.

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini