Share

Untuk Angkut Gas Elpiji, Pertamina Kerahkan Kapal Terbesar

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Rabu 23 April 2014 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 19 974664 CSFIKi4rqS.jpg Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) milik Pertamina di Galangan Kapal Hyundai Heavy Industries, di Ulsan, Korea Selatan (ANTARA FOTO/Saptono)
A A A

ULSAN - PT Pertamina (Persero) segera menambah armada kapal milik dengan diresmikannya kapal pengangkut Liquefied Petroluem Gas (LPG) terbesar atau Very Large Gas Carrier (VLGC)  yang diberi nama Pertamina Gas 2, untuk menunjang kegiatan distribusi LPG domestik. Pada saat dibangun, kapal VLGC ini merupakan yang terbesar di dunia.

Penamaan kapal ini diresmikan oleh Direktur Marketing and Trading Pertamina Hanung Budya pada tanggal 23 April 2014 dalam acara naming ceremony di galangan Hyundai Heavy Industries Co Ltd, Ulsan, Korea Selatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hanung mengatakan, kapal VLGC Pertamina Gas 2 merupakan sister ship dari VLGC Pertamina Gas 1 yang telah diserahterimakan kepada Pertamina pada tanggal 17 September 2013 lalu. VLGC Pertamina Gas 2 akan menjadi kapal milik Pertamina yang ke-61 dari total 191 kapal yang dioperasikan dalam menjamin keamanan pasokan energi di dalam negeri.

"Khusus untuk angkutan kapal LPG, VLGC Pertamina Gas 2 merupakan kapal ke-8 dari total 28 kapal yang digunakan," ucap Hanung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/4/2014).

Dia menambahkan, VLGC Pertamina Gas 2 direncanakan akan diserahterimakan ke Pertamina pada tanggal 14 Mei 2014 dan selanjutnya akan melalui proses reflagging (pergantian bendera Panama ke Indonesia) di Singapura sebelum memasuki perairan Indonesia.

"Kontrak pembangunan kapal VLGC Pertamina Gas 2 ini ditandatangani pada 18 Januari 2013," sambungnya.

Menurutnya, commissioning atau yang lebih dikenal dengan nama Ujicoba laut (Sea trial) telah berhasil dilaksanakan dengan baik pada tanggal 13-17 April 2014 dan dengan proses penyelesaian yang cepat, galangan berhasil memberikan konfirmasi serah terima kapal dapat dilakukan pada tanggal 14 Mei 2014 sehingga masa konstruksi pembangunan kapal selama 14 bulan.

Naming ceremony yang dilaksanakan hari ini merupakan tahapan terakhir kapal berada di area galangan sebelum melalui tahapan proses uji gas (Gas Trial) di Terminal LPG Ulsan.

Dengan selesainya proses Gas Trial, selanjutnya kapal akan anchoring (lepas jangkar) di lepas pantai Ulsan untuk proses hand-over ke Pertamina dan pengurusan Port Clearance untuk mendapatkan ijin berlayar dari port authority setempat sebelum pada akhirnya VLGC Pertamina Gas 2 melakukan pelayaran perdana menuju Indonesia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini