Share

Yeay, Ada Sekolah Alam Negeri Gratis Pertama di Indonesia

Dina Prihatini, Okezone · Rabu 23 April 2014 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 196 974593 pZzxjJd7Fc.jpg Sekolah alam negeri (Foto:Dina Prihatini)
A A A

MENGGABUNGKAN proses pembelajaran yang sesuai kurikulum Dinas Pendidikan dengan metode belajar di alam menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sekolah alam harmoni hijau negeri pertama di Indonesia ini.

 

Metode belajar yang dikembangkan di Sekolah Dasar Negeri 14 Singkawang Utara ini, telah menampung murid sebanyak 64 siswa dari kelas I hingga kelas III SD, padahal

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sistem belajar ini baru beroperasi satu tahun dalam ajaran 2013-2014.

 

"Kami mengembangkan metode pembelajaran pengenalan dengan alam yang digabung dengan metode pembelajaran dinas pendidikan sehingga para murid jauh lebih kreatif, lebih semangat belajar mengenal alam dan menjaga lingkungan sekitar mereka," ungkap Kepsek SDN 14 Singkawang Utara, Nurhasanah kepada Okezone, Rabu (23/4/2014).

 

Menurutnya pengembangan metode ini bisa langsung diaplikasikan pembelajarannya, sehingga para murid memahami dan langsung mengerti pelajaran yang diberikan pihak guru.

 

"Seperti praktek perubahan dari air bersih menjadi air kotor dalam Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa memahami bagaimana proses yang dapat mereka lakukan," jelasnya.

 

Selain itu, pengenalan makhluk hidup lain seperti jenis pohon dan beberapa tanaman yang mengundang banyak kupu-kupu sudah diterapkan di sekolah yang memiliki luas 1,5 hektare ini.

 

"Kami berusaha mengharmonisasikan alam dengan para murid sehingga mereka sedini mungkin memahami lingkungan sekitar dan perduli terhadap keasriannya," kata wanita berkerudung ini.

 

Ditahun pembelajaran 2014 yang akan dimulai bulan Juli ini, Nurhasanah menambahkan SDN 14 menerima murid hingga kelas V SD.

 

"Sesuai dengan aturan dari Diknas Kota Singkawang kami menampung murid hingga kelas V dan tidak dipungut biaya apapun," tuturnya.

 

Pencetus program sekolah alam harmoni hijau, Region Operation Manager World Vision Indonesia, Irene Marbun datang dari WVI Kalbar untuk memfasilitasi para guru sebagai penebar program dan mengaplikasikan pelajaran ke para murid.

 

"Kami memfasilitasi para guru dengan mendatangkan mereka ke sekolah harmoni Bogor dan para guru yang menggabungkan ilmu mereka dengan teori yang mereka dapat," paparnya.

 

Bahkan, sekolah alam harmoni hijau negeri Singkawang ini telah menjadi sekolah alam harmoni hijau percontohan bagi 3 Kabupaten di Pulau Papua.

 

"Mereka datang untuk studi banding ke sekolah alam harmoni hijau dan akan mereka aplikasikan di Papua," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini