Share

Bulu Ayam Bisa Lho Jadi Interior Rumah

Margaret Puspitarini , Okezone · Rabu 23 April 2014 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 373 974854 vmjiBHSTG4.jpg Maria Nike Janeta, penggagas flooring bulu ayam. (Margaret Puspitarini/Okezone)
A A A

JAKARTA - Selama ini, bulu ayam hanya dimanafaatkan sebagai kemoceng atau hiasan lainnya. Selebihnya, bulu ayam hanya menjadi limbah yang dibuang begitu saja.

Padahal, bulu ayam dapat diubah menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi. Inovasi tersebut berupa paket flooring sebagai pelengkap interior rumah. Ide tersebut datang dari lima mahasiswa Prasetya Mulya Business School (PMBS).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mewakili lima rekannya, Maria Nike Janeta dan Erwin Sidarta hadir memaparkan ide bisnis mereka dalam Media Gathering PMBS 2014. Mereka mengaku, produk yang diberi nama Chique itu tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata tapi juga mengandung nilai sosial.

Edwin menjelaskan, Chique tercipta atas keprihatinan mereka terhadap 160 ribu ton limbah bulu ayam yang terbuang begitu saja. Tidak hanya itu, kondisi ekonomi para pekerja di rumah pemotongan ayam yang sangat memprihatinkan membuat mereka tergerak untuk membuka peluang usaha baru.

"Jujur, saya bukan orang yang memikirkan orang lain atau berjiwa sosial. Tapi saat melakukan survei di rumah pemotongan ayam di Yogyakarta saya merasa tersentuh," kata Edwin di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Dia bercerita, para pemotong ayam yang bekerja dari jam 12 malam sampai jam 5 pagi itu hanya dibayar menggunakan usus ayam. Bahkan, terkadang para pemotong ayam itu terpaksa menjual kembali usus ayam tersebut agar memberikan penghasilan tambahan.

"Jadi, para pemotong ayam itu belum tentu makan ayam tiap hari. Ada sisi lain pada ayam yang kita makan setiap hari," tuturnya.

Nike menambahkan, dengan menggunakan bulu ayam dalam usaha paket flooring dapat meningkatkan kesejahteraan para karyawan di tempat pemotongan ayam tersebut. Penghasilan dengan mengembangkan usaha Chique bisa mencapai empat kali lipat dibandingkan dengan upah yang mereka terima.

"Indonesia memproduksi 2,2 juta ayam potong per tahun dan menghasilkan 160 ton limbah bulu ayam. Penghasilannya bisa mencapai empat kali gaji yang diberikan oleh rumah potong ayam," ungkap Nike.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini