Share

Unik, Kota Ini Berbentuk Bintang!

Winda Destiana, Okezone · Rabu 23 April 2014 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 409 974557 CPLEqXqTbx.jpg Palmanova (Foto: amusingplanet)
A A A

BERBENTUK bintang, Kota Palmanova terletak di Timur Laut Italia. Kota ini berdekatan dengan perbatasan Slovenia. Asal muasal kota bintang ini berdasarkan sejarah ribuan tahun yang lalu. Dimana sebuah kota modern mulai dibangun oleh Kekaisaran Venesia pada abad ke 16 dan 17. Pembangunan ini bertujuan untuk mencegah serangan dari pasukan kelompok Austria dan Turki.  

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, kota ini mulai didirikan pada tahun 1593, namun pembangunannya membutuhkan waktu kurang lebih selama satu abad. Dibangun dalam bentuk bintang konsentris, kota ini terdiri dari tiga cincin yang dibangun secara bertahap. Seluruh kota hampir tertutup dengan daerah melingkar seluas 7 kilometer. Daerah melingkar ini berupa parit, dengan sembilan panah yang satu sama lain saling terhubung. Untuk masuk ke dalam kota ini, orang-orang harus melalui tiga pintu utama yang dijaga ketat.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Palmanova seharusnya dihuni oleh para pedagang maupun pengrajin serta petani. Sayangnya kawasan ini dihuni oelh sejumlah tahanan yang diampuni oleh Venesia pada tahun 1622 dan hingga kini tak ada yang memilih untuk keluar darisana. Meskipun kini benteng tak lagi difungsikan sebagai benteng pertahanan pertempuran, nampaknya masyarakat sekitar masih menggunakan benteng sebagai tempat teraman yang dijaga oleh petugas.

 

Menariknya, layaknya kota pada umumnya, Palmanova juga memiliki alun-alun berbentuk segi enam yang diapit oleh bangunan-bangunan penting termasuk katedral. Dimana di dalam sini terdapat sejumlah karya yang menarik, museum History Civic yang berisikan senjata serta benda bersejarah lainnya dan dokumen penting pembentukan Palmanova tersebut. Meski penjagaan cukup ketat, banyak wisatawan asing yang mendatangi kawasan ini.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini