Share

BTN Harus Difokuskan ke Perumahan Rakyat

Rizkie Fauzian , Okezone · Rabu 23 April 2014 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 471 974685 mWRs6CSlnp.jpg (Ilustrasi : Okezone)
A A A

JAKARTA - Rencana akusisi BTN oleh Mandiri menuai perdebatan. Berbagai kalangan menyayangkan jika fokus bank BTN sebagai penyalur KPR akan hilang jika rencana akusisi tersebut terjadi. 

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah Natsir Mansyur mengatakan, semangat para stakeholder bahwa rencana akusisi tersebut tidak perlu dilakukan. Mereka justru menginginkan agar BTN lebih berkembang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau kita liat akuisisi BTN-Mandiri tidak perlu, justru BTN harus dikembangkan jadi bank khusus, terutama PR soal perumahan juga banyak," jelasnya di Kadin, Jakarta, Rabu (22/4/2014).

Lebih lanjut, menurutnya BTN perlu dipertahankan, justru BTN perlu diperbesar lagi. Adanya kekurangan dan kelebihan dari BTN diperlukan supporting pemerintah.

"Kemenpera tidak bisa memenuhi kebutuhan rumah sendiri, karena ada masalah PPN, struktur KPR, maka jangan hanya kementerian perumahan sendiri, tapi kementerian lain juga harus membantu seperti kementerian keuangan, perindustrian butuh support juga," ujar dia.

Natsir menambahkan, perumahan dibutuhkan oleh masyarakat, namun yang menjadi persoaln adalah tidak feasible-nya masyarakat yang diberikan rumah.

"Intinya BTN  perlu diperbesar dan di support, butuh kebijakan dari pemerintah, seperti bagaimana mengurangi struktur biaya rumah dan cost agar rumah tidak mahal," tambahnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini