Share

Mendagri: Selama Pilkada Sudah 70 Orang Tewas

Fiddy Anggriawan , Okezone · Kamis 24 April 2014 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 339 975271 12UNprGkAc.jpg Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, mengusulkan agar mekanisme pemilihan umum kepala daerah (pilkada) tingkat kabupaten/kota diubah. Sebab pilkada langsung kerap menuai konflik sosial.

Dia menambahkan, penghentian pilkada langsung, bukan berarti penghentian pilkada di daerah. Sehingga, mengubah pilkada langsung menjadi pilkada tidak langsung.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Itu usulan dari revisi Undang-undang (UU) 32 tahun 2004 yang disampaikan pemerintah kepada DPR. Tapi Gubernur tetap kita ajukan dipilih langsung, kecuali kabupaten/kota," jelas Gamawan di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Gamawan mencatat, selama menggelar pilkada langsung kabupaten/kota sudah ada 70 orang meninggal dunia. "Kemudian, sejumlah gedung pemerintah rusak, terus rusaknya sistem kekerabatan dibeberapa daerah antar suku dan sebaginya," tegasnya.

Oleh karena itu, Gamawan menawarkan ke DPR, agar pilkada di kabupaten/kota itu tidak dipilih secara langsung, melaikan melalui DPRD. "Tapi, kalau gubernur karena tidak ada konflik tetap langsung," pungkasnya.

(ydh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini