Share

Bayi Ini Lahir dengan Dua Kepala

Akbar Dongoran , Okezone · Kamis 24 April 2014 03:32 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 340 974927 X66EM8CYZt.jpg Foto: Akbar Dongoran/Okezone
A A A

MEDAN - Warga Kabupaten Langkat dikejutkan dengan kelahiran bayi berkepala dua. Dimana bayi berjenis kelamin laki-laki itu hanya memiliki satu badan dengan organ tubuh lengkap.  

 

Bayi yang belum memiliki nama itu merupakan anak dari pasangan Poniman (35), dan Lasmini (32), warga Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Bayi tersebut dilahirkan di RSUD Insan Pelawi, Pangkalan Brandan dengan berat 4 kilogram, dan panjang 40 centimeter, Rabu (23/4/2014) dini hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Poniman ayah bayi itu mengatakan, ia dan isterinya sama sekali tidak menyangka anaknya lahir dalam kondisi seperti itu. Mereka pun tidak bisa berbuat banyak, karena sebelumnya tidak pernah memeriksa keadaan bayi dengan perangkat Ultrasonography (USG) karena tidak memiliki biaya.

 

“Kami enggak ada firasat. Karena anak pertama dan kedua saya normal-normal saja. Kami memang tidak pernah USG, karena tidak ada biaya,” ujarnya Poniman di Medan, Rabu (23/4/2014) malam.

 

Poniman mengaku, sebelum lahir ia membawa isterinya ke salah satu bidan desa. Namun, karena hampir satu jam sang bayi tak kunjung keluar, bidan tersebut merujuk isterinya ke RSUD.

 

“Bayi kami lahir lewat proses caesar. Saat itu lah kami baru tahu kalau anak kami lahir dengan keadaan berkepala dua. Sementara badannya utuh seperti layaknya bayi yang lain. Kaki dan tangannya juga lengkap. Hanya saja tangan kanannya tampak lebih pendek dari yang kiri,” tutupnya.

 

Untuk diketahui, kasus bayi berbadan satu berkepala dua ini pertama kali ditemukan di Indonesia pada 25 Juli 2009 lalu di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Riau. Kala itu, bayi tersebut ditangani oleh Dokter Spesialis Anak, Tubagus Odih. Tubagus mengungkapkan, kelahiran bayi dalam kondisi tersebut merupakan kelahiran yang sangat langka.

 

“Setiap kelahiran satu bayi kembar siam, sebanding dengan 500 ribu kelahiran bayi normal. Dari kembar siam yang pernah ada, kondisi bayi dengan berkepala dua berbadan satu ini hanya ada 8 persen,” ujarnya kala itu.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini