Share

China Bangun Gedung Pencakar Langit dengan Lift Tercepat di Dunia

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Kamis 24 April 2014 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 471 975079 qtjwx3ggxL.jpg (Foto : dailymail)
A A A
CHINA - Sebuah gedung pencakar langit di China dibangun setinggi 95 lantai. Gedung tersebut merupakan kantor dari sebuah perusahaan asuransi yang bernama The Guangzhou KKP Finance Centre. Meski gedung ini bukan gedung pencakar langit tertinggi di dunia, namun gedung ini memiliki lift tercepat di dunia.

Dikutip dari Dailymail, Kamis (24/4/2014) gedung ini masih dalam proses konstruksi. Setelah selesai, lift di dalam gedung ini dapat menempuh lantai paling atas gedung yaitu lantai 95 hanya dalam waktu 43 detik. Saking cepatnya, lift di gedung ini dapat menempuh jarak sejauh 1.200 meter per menitnya.

Kecepatan lift di dalam gedung ini mencapai 44mph, mengalahkan rekor lift tercepat sebelumnya yang hanya 8mph. Lift didalam gedung ini menggunakan teknologi motor magnetik, sehingga memungkinkan lift dapat bergerak dengan kecepatan tinggi. Secara total, konstruksi gedung ini terdiri atas 111 lantai dan lima lantai di bawah tanah. Gedung The Guangzhou KKP Finance Centre adalah sebuah gedung kelas premium yang di dalamnya terdapat kantor, hotel, dan apartemen.

Pengembang gedung ini, Hitachi, memastikan lift di dalam gedung ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga aman dan tidak membahayakan pengunjung. Membuat gedung pencakar langit dengan lift tercepat bukanlah hal yang baru dilakukan oleh perusahaan Hitachi. Tahun 1968 perusahaan ini juga pernah membangun gedung dengan kecepatan tinggi di Jepang dengan kecepatan 300 meter per menit. Gedung ini bernama Gedung Kasumigaseki.

Gedung KKP Guangzhou ini sebelumnya bernama Chow Tai Fook Centre. Proyek konstruksi ini dimulai pada tahun 2010 lalu, dan dijadwalkan dapat selesai pada 2016.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini