Share

Investor Nilai Harga Lahan Industri Sudah Cukup Tinggi

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Kamis 24 April 2014 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 471 975267 8OTJWtmr7X.jpg (Ilustrasi : Okezone)
A A A

JAKARTA - Sepanjang kuartal pertama, sektor industri dianggap sebagai sektor yang kinerjanya paling melemah dibanding sektor properti lainnya seperti perkantoran, apartemen, ritel dan kondominium. Hal ini diakibatkan salah satunya oleh semakin terbatasnya lahan industri yang tersedia.

Demikian disampaikan oleh Head of Research Jones Lang LaSalle (JLL) di Jakarta Property Market, Anton Sitorus baru-baru ini. Tidak hanya itu, disamping lahan yang semakin terbatas, faktor lainnya yaitu adalah investor memandang harga lahan untuk industri saat ini sudah cukup tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kenaikan harga lahan industri memang terasa sangat signifikan. Terutama di bagian timur Jakarta, karena memang lahan dikawasan ini dikenal bagus. Harganya saat ini mencapai USD150 hingga USD250 per meternya. Ini cukup tinggi dibandingkan dengan periode sebelumnya," jelas Anton.

Berdasarkan laporan yang dibuat JLL jumlah pasokan lahan industri di Jabodetabek saat ini mencapai 11.720 hektar (Ha). Namun, seiring melemahnya sektor ini, tingkat penyerapan lahan kawasan industri pada kuartal ini turun drastis, yakni hanya sebesar 30 persen.

Menurut Anton, untuk kawasan Jakarta Timur, yang menjadi kawasan favoritnya yaitu di Bekasi hingga Cikampek. Kawasan Jakarta Barat yaitu dari Cikarang hingga ke Cilegon. Sedangkan sisanya yaitu di beberapa di Pulogadung, Bogor, dan Tangerang.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini