Share

Dua Menjanjikan, Satu Meragukan

Kukuh Setiawan, Koran SI · Jum'at 25 April 2014 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 49 975492 aBUatNFje8.jpg Persegres Gresik saat menghadapi Sriwijaya FC. (Foto: ISRA TRIANSYAH/SINDO)
A A A

GRESIK - Sebelum putaran pertama Indonesia Super League (ISL) tuntas, tiga tim Jawa Timur sudah melakukan pergantian pelatih. Dimulai Persepam Madura United yang menunjuk Arcan Iurie menggantikan Daniel Roekito, kemudian disusul munculnya nama Musikan di Persik Kediri sebagai pengendali tim.

Terakhir, Persegres yang sebelumnya memakai tenaga Agus Yuwono, kini ditangani Angel Alfredo Vera. Dari ketiga pelatih anyar tersebut, ternyata hanya Alfredo Vera yang belum meyakinkan supporter. Sedangkan Musikan dan Arcan Iurie sudah mendapatkan simpati dari pendukungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sangat logis jika parameternya adalah hasil di ISL. Arcan Iurie sudah memberikan dua kemenangan bagi Persepam sejak ditunjuk akhir Maret silam. Sedangkan Musikan memberikan euforia kepada Persikmania setelah secara dramatis mengalahkan raksasa Persija Jakarta di Stadion Brawijaya.

Alfredo Vera berbeda. Di pertandingan perdananya di Stadion Petrokimia, dia hanya mampu mendapat satu angka yakni hasil 0-0 lawan Pelita Bandung Raya. Tak pelak kehadirannya sedikit diragukan Ultrasmania, apalagi karena dia belum memiliki track record menjanjikan di liga Indonesia.

Dia musim lalu sempat terlihat di jajaran kepelatihan Persela Lamongan. Tapi perannya sangat minim karena saat itu Persela dibawah arahan Pelatih Caretaker Didik Ludiyanto dan fungsinya di tim tidak jelas. “Saya tak paham apa pertimbangan Persegres menunjuk pelatih anyar ini (Alfredo Vera),” cetus Aan Haryono, Ultrasmania Manyar.

Menurutnya penunjukan pelatih yang belum memiliki track record menjanjikan menjadi perjudian bagi Laskar Joko Samudro. “Kalau dulu ada Widodo C Putro yang melanjutkan tugas Suharno, mungkin bisa diterima karena Widodo sangat mengenal Persegres. Tapi kalau Alfredo saya belum sepenuhnya yakin,” tambahnya.

Berbeda dengan supporter Persikmania yang tengah memuja sosok Musikan. Asisten pelatih yang kini menangani Macan Putih tersebut sudah membuat supporter yakin timnya bakal bangkit walau baru menang sekali lawan Persija Jakarta. Musikan dinilai juga memberikan perubahan besar pada performa tim.

“Ada perbedaan gaya permainan dan sekarang Persik tidak hanya tim yang bertahan. Saya yakin Musikan bisa mengangkat Persik, apalagi dia sudah paham bagaimana karakter tim. Menurut saya Musikan layak diberi kesempatan di beberapa pertandingan ke depan,” ujar Didit Cahyadi, salah satu Persikmania asal Mojoroto.

Persik sebelumnya mempunyai Hartono Ruslan dan Aris Budi Sulistyo di jajaran pelatih. Namun keduanya berstatus tidak jelas setelah ada desakan mundur dari sebagian Persikmania setelah dikalahkan Semen Padang. Justru Musikan yang selama ini tidak dominan di tim akhirnya menangani Macan Putih.

Paling yakin dengan pelatih anyarnya adalah supporter Persepam. Merasakan dua kali kemenangan kandang, kini tim asal Madura berada di papan tengah. Walau masih sebatas menang di kandang Arcan Iurie sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati komunitas supporter Pulau Garam.

Itu karena sebelum kedatangan Arcan atau masih dilatih Daniel Roekito, Persepam menjadi tim yang murung. Dua kekalahan telak pernah dirasakan secara berurutan, yakni dipukul Persela Lamongan 3-0 dan dihabisi Persebaya 1-4. Arcan langsung membalikkan itu dengan kemenangan beruntun.

(asm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini