Share

Ingin Mayones, Buat Saja di Rumah!

Johan Sompotan, Okezone · Jum'at 25 April 2014 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 490 975442 xmioWESkSz.jpg (Foto: bbc)
A A A

HAI chef, saya Ranti (30) doyan menggunakan mayones. Tapi, bila mayones habis kerap beli diluaran otomatis jadi boros. Padahal ingin bikin sendiri di rumah, tapi nggak tahu caranya. Bisakah bocorkan caranya? Terima kasih atas bantuannya.

Ranti - Kranji

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jawab:

Membuat mayones itu sangat mudah dilakukan, terlebih Anda tak usah lagi membeli di supermarket maupun di tempat langganan Anda berbelanja bahan makanan.

Dalam mengolah mayones maka cukup butuhkan telur yang diambil bagian kuningnya saja, untuk telurnya cukup satu butir. Kemudian dikocok telurnya secara perlahan lalu dicampur dengan minyak sayur sebanyak 300 ml dan diberi garam dan merica, saus inggris serta mustard. Biar lebih segar kasih sedikit cuka atau jus lemon.

Dalam membuat mayones maka yang harus diperhatikan adalah minyak dan telur dikocok secara perlahan hingga menyatu. Pada proses pengadukannya maka harus dilakukan secara perlahan, jangan lakukan terlalu cepat sebab akan membuat adonan jadi cepat pecah.

Adonan yang pecah, maka baik telur dan minyak tidak akan menyatu melainkan akan menjadi terpisah layaknya minyak dan air.

Untuk pemakaian minyaknya, maka ada baiknya mempergunakan minyak zaitun karena hasil akhir pun, mayones jadi lebih mengkilap.

Ken Kurniawan Susanto

MasterChef Indonesia Season 3 (ren)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini