Share

Yamaha R15 Kencang dan Enak buat Ngerebah

Septian Pamungkas, Okezone · Kamis 24 April 2014 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 53 975147 YsiZgp2nEW.jpg F: Yamaha YZF-R15 (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Yamaha Indonesia nampaknya tahu betul karakter konsumennya seperti apa. Lewat produk berjuluk Yamaha YZF-R15, konsumen yang menyukai kecepatan dan cornering akan dimanjakan oleh motor sport terbaru pabrikan berlambang garputala itu.

Menurut M. Abidin GM Service & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, hal yang membuat R15 enak saat melibas tikungan karena motor ini memiliki weight distribution atau distribusi berat yang nyaris sempurna.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Weight distributionnya nyaris sempurna dengan perbandingan 50:50. Bagian depannya 49,3 persen dan belakangnya 50,7 persen, kalau V-Ixion 47 persen banding 53 persen, jadi ini sangat sempurna dengan ban tapak lebar dan juga Delta Box menjadi perpaduan yang sangat sempurna," katanya saat peluncuran Yamaha YZF-R15 di Jakarta semalam.

Untuk diketahui, R15 menggunakan ban depan berukuran 90/80-17 dan 130/70-17 di belakang.

Lebih lanjut Abidin mengatakan, weight distribution R15 bagus karena menggunakan swing arm alumuniun solid yang lebih panjang. "Panjangnya bertambah 45 mm dan ini yang membuat distribusinya menjadi seimbang antara depan dan belakang. Hasilnya, manuver agility-nya akan semakin sangat ringan sekali," urainya.

"Race riding position sangat memungkinkan si pengendara menjepit fuel tank sehingga posisi berkendara seperti menunggangi motor balap."sambungnya lagi.

Soal kecepatan, kemampuan R15 tidak boleh dipandang sebelah mata. R15 menggendong mesin 150 cc, Liquid Cooled, 4-Langkah, SOHC, Single Cylinder, 4 valve, Fuel Injection yang dikawinkan dengan transmisi enam percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 16,59 PS dengan torsi 14,5 Nm. "Top speed-nya sampai 138 kpj." cetus Abidin.

Sebagai informasi, Yamaha YZF-R15 dibanderol dengan harga Rp 28 juta On the Road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Sedikitnya ada tiga warna yang tersedia diantaranya Racing Blue (biru), Supernova Red (merah), Midnight Black (hitam).

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini