Share

Dua Kali Sebulan, Siswa Asrama Baru Boleh Jalan-jalan

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Kamis 24 April 2014 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 24 560 975484 FeJ0EcKXpY.jpg Siswa ASBI saat belajar di perpustakaan. (Foto: Faisal Harahap/Okezone)
A A A

BOGOR - Kegiatan-kegiatan di sekolah berasrama tidak kalah jauh dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Setiap sekolah diyakini mengusung bermacam-macam kegiatan.

Sekolah berasrama Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI), menawarkan program pertukaran pelajar dengan sekolah-sekolah dalam maupun luar negeri. Tujuannya untuk mengembangkan wawasan dan penghargaan akan budaya Indonesia maupun asing.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Saat ini pertukaran pelajar di ASBI sudah dilaksanakan seperti ke Amerika dan Australia. Ada enam siswa ke sebuah sekolah di Melbourne, Australia dan sebaliknya, siswa dari Melbourne ke Indonesia," ujar Kepala Sekolah Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI) Bogor, Wendy Armunando, di Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI), Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/4/2014).

Kegiatan lainnya, Wendy melanjutkan, ada kegiatan wirausaha yang mendukung terbentuknya kemampuan wirausaha, serta sikap berani mengambil risiko. Selain itu, ada juga kegiatan stadium generale yang secara rutin satu bulan sekali menampilkan tokoh-tokoh sebagai panutan bagi siswa untuk menumbuhkan semangat menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

"Kegiatan pengabdian masyarakat untuk menumbuhkembangkan jiwa gotong royong, pemahaman budaya nasional dan jiwa sosial," ucapnya.

Untuk lulus sekolah, para siswa ASBI harus sesuai dengan potensi yang diharapkan, seperti character building, leadership, communication and relationship, personal well-being, learning to learn, digital learning, entrepreneurship, global citizenship, dan social outreach.

"Di ASBI juga ada lomba bersih-bersih kamar asrama, ketika menang yang mendapatkan nilai tertinggi mendapatkan sebuah hadiah yaitu dapat mengendarai sepeda untuk jalan-jalan sekitar sekolah," ungkapnya.

Sementara setiap Senin, Rabu, dan Jumat, para siswa di ASBI wajib berbicara dengan bahasa Inggris. Dalam dua kali sebulan, siswa ASBI boleh keluar sekolah.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini