Share

Sido Muncul Khawatirkan Kenaikan Harga BBM

Rizkie Fauzian , Okezone · Jum'at 25 April 2014 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 25 278 975814 f5HByRiMBw.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) berencana membeli mesin steam boiler. Pembelian mesin seiring dengan rencana perseroan memanfaatkan limbah pabrik menjadi energi.

Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, mesin ini nantinya akan meningkatkan efisiensi perusahaan. Karena suatu hari nanti harga bahan bakar minyak dan gas akan meningkat, jadi tidak selamanya menggunakan bahan bakar fosil untuk menopang operasional perusahaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami memanfaatkan limbah pabrik menjadi energi," katanya di Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Irwan menambahkan, investasi satu mesin adalah sebesar Rp1,2 miliar. Investasi ini lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan bahan bakar minyak atau gas.

Seperti diketahui, setiap hari perseroan menghasilkan 35 ton limbah pabrik. Pemanfaatan limbah pabrik untuk energi akan menguntungkan bagi perusahaan farmasi dan herbal tersebut.

Hingga saat ini perseroan sudah memiliki dua mesin dengan kapasitas masing-masing enam ton limbah per hari. Sehingga, perseroan sudah mengolah 12 ton limbah untuk dijadikan energi. "Agar seluruh limbah yang dihasilkan bisa dimanfaatkan, perseroan perlu menambah 4-5 mesin lagi," jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini