Share
Advertisement

Paten Kaspersky untuk Lindungi Layanan Cloud

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Jum'at 25 April 2014 09:07 WIB
Kaspersky Lab
Kaspersky Lab
A
A
A
JAKARTA - Kaspersky Lab mengumumkan bahwa perusahaan telah meraih paten atas metode untuk melindungi layanan awan (cloud services) yang digunakan oleh pengembang solusi antivirus agar bisa bekerja lebih efektif dalam menghadapi ancaman cyber.

Paten No.8661547 dikeluarkan oleh badan paten Amerika Serikat, the US Patent and Trademark Office. Paten ini menggambarkan teknologi yang menjaga layanan awan dari informasi palsu yang masuk ke layanan awan.
 
Pembuat solusi keamanan menggunakan layanan awan untuk memastikan respon yang lebih cepat terhadap ancaman Internet yang baru muncul. Client application menggunakan layanan awan sebagai sumber informasimengenai ancaman cyber baru, dan untuk mengirim file mencurigakan agar bisa dianalisis oleh analis antivirus.

Sistem baru yang dipatenkan ini melakukan beberapa pengujian sebelum menggunakan informasi apa pun yang diunggah dari sebuah perangkat. Server akan mengecek apakah ada pelanggaran pada spesifikasi protokol komunikasi data: rangkaian operasi yang tidak normal atau anomali ketika mengirim data mengindikasikan adanya usaha untuk mengacaukan atau menginfeksi operasi server.

Aplikasi keamanan di pihak pengguna, pada gilirannya, menganalisa konfigurasi dari perangkat pengguna. Pengembang solusi keamanan juga bisa menggunakan cara lain untuk mengkonfirmasi keabsahan data yang diunggah.
 
“Kaspersky Security Network (KSN) adalah elemen kunci dalam infrastruktur Kaspersky Lab. KSN memastikan bahwa informasi mengenai ancaman baru bisa disampaikan secara langsung ke komputer pengguna. Tentu saja ini menjadi sasaran yang menarik bagi penjahat cyber yang ingin meretas keamanan ratusan ribu komputer dalam sekali operasi. Oleh karena itu, kami merasakan betapa pentingnya untuk melindungi infrastruktur Kaspersky Lab dari serangan seperti ini dan mencegah agar informasi palsu tidak bisa memasuki database antivirus kami,” ujar Andrey Efremov, Director of Whitelisting and Cloud Infrastructure Research, Kaspersky Lab melalui keterangan resminya.
 
Teknologi yang baru dipatenkan ini diimplementasikan dalam Kaspersky Security Network, infrastruktur awan yang didukung oleh pengguna produk Kaspersky Lab baik pengguna rumahan, pengguna UKM, maupun pengguna korporat. Dengan Kaspersky Security Network, produk vendor bisa selalu menjaga tingkat keamanan di level tertinggi dalam menghadapi ancaman online.
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement