Share

Mudahnya Memperoleh Kartu AKSes

Senin 14 Juli 2014 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 14 226 1012379 kQCpyyLYy0.jpg Kartu AKSes. (Foto: Situs KSEI)
A A A

Apakah Anda sudah memiliki kartu AKSes? Pertanyaan ini perlu ditanyakan ke para investor pasar modal di Indonesia. Untuk investor pasar modal baru selama dua tahun terakhir, otomatis akan memperoleh kartu AKSes saat membuka rekening efek, sama seperti nasabah yang membuka rekening di bank dan memperoleh kartu ATM.

Manfaat kartu AKSes hampir sama dengan kegunaan ATM. Bedanya hanya kartu AKSes tidak bisa untuk menarik dana atau mentransfer dana. Persamaannya, sama-sama digunakan untuk mengecek saldo efek untuk kartu AKSes dan saldo rekening pada ATM. Kartu AKSes bisa digunakan pula untuk mengecek mutasi efek atau perpindahan efek milik investor yang tercatat disimpan di KSEI.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Informasi bahwa portofolio investasi di pasar modal ini disimpan di KSEI juga sangat penting untuk dipahami oleh investor. Berdasarkan survei dan riset yang dilakukan oleh KSEI di beberapa kota selama Oktober - Desember 2013, ternyata hanya sebagian kecil investor pasar modal yang mengetahui bahwa saham atau portofolio Efek milik mereka tersimpan dan tercatat di KSEI.

Mayoritas investor menganggap bahwa aset portofolio efek miliknya tersimpan di BEI, Bank, Perusahaan Efek, dan bahkan masih ada investor yang sama sekali tidak tahu di mana asetnya tersimpan.

Menurut Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi, bagi investor yang sudah tahu asetnya disimpan oleh broker di KSEI, ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui bahwa aset tersebut dapat dipantau secara langsung. "Walaupun sebagian investor sudah tahu bahwa aset investasinya disimpan di KSEI, ternyata belum tentu investor tersebut mengetahui bahwa mereka dapat melihat secara langsung data yang ada di KSEI.

Padahal portofolio investasi milik investor tersebut nyata, dan memang benar-benar 'ada' dan tersimpan di KSEI sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian sesuai dengan amanat oleh undang-undang. Jika diibaratkan, KSEI itu seperti gudangnya aset investasi milik investor di pasar modal.

Apabila investor selama ini sudah mendapatkan laporan isi gudangnya dari broker atau Perusahaan Efek, sudah sewajarnya investor juga dapat mengecek sendiri secara langsung ke gudangnya apakah isinya sudah sesuai dengan laporan yang diterima," tambah Heri.

Pengecekan langsung ke 'gudang' penyimpanan data nasabah oleh KSEI telah difasilitasi dengan hadirnya Fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) dari KSEI. Selain secara online melalui melalui website Fasilitas AKSes (http://investor.ksei.co.id), fasilitas ini juga dapat digunakan dengan aplikasi mobile dengan menggunakan perangkat pintar keluaran RIM-Blackberry, Android, dan Apple.

Dalam waktu dekat, melalui ATM Bank investor juga akan dimungkinkan melakukan pengecekan catatan portofolio investasinya yang disimpan di KSEI.

Heri mengingatkan bahwa AKSes merupakan hak bagi investor yang harus digunakan agar dapat dirasakan manfaatnya. "Fasilitas AKSes merupakan hak setiap investor yang tidak hanya cukup dimiliki, tetapi kami himbau juga agar dapat selalu digunakan. Dengan aktif login untuk memonitor kegiatan investasinya, investor secara aktif dapat melindungi aset investasinya dari kemungkinan penyalahgunaan", ujar Heri.

Pastikan Kartu AKSes dan PIN Code dapat segera Anda terima dari Perusahaan Efek atau broker. Investor juga dapat mengecek status pencetakan kartu AKSesnya melalui website http://investor.ksei.co.id, dan bertanya kepada broker jika paket kartu AKSesnya belum juga diterima. Bagi investor yang telah menerima kartu AKSes, diharapkan jangan hanya disimpan tapi segera gunakan untuk login.

Dengan menjadi investor yang bijak, berinvestasi di pasar modal menjadi lebih nyaman dan tenang. Pengawasan secara aktif dan mandiri oleh investor melalui AKSes ini diharapkan dapat menekan kemungkinan terjadinya penyalahgunaan aset investasi milik investor oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini AKSes bisa dibuka melalui personal komputer, laptop, tablet, atau smart phone. Keberadaan AKSes  terutama  untuk mengetahui saldo efek dan mutasinya. Namun, dalam waktu dekat, pemantauan portofolio investasi melalui AKSes dapat juga dilakukan melalui mesin ATM bank. Dengan kemudahan ini investor diharapkan dapat secara berkala memantau rekening efek masing-masing melalui fasilitas AKSes yang dikelola oleh KSEI.

Kartu AKSes  kini menjadi sarana untuk merealisasikan komitmen mewujudkan  pasar modal Indonesia yang transparan dan layak dipercaya. Bagi yang mebutuhkan informasi atau membuat pengaduan seputar Kartu AKSes, dapat menghubungi Call Center (021) 515.2855, Toll Free 0800.186.5734 atau melalui email: akses@ksei.co.id. (Tim BEI)

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini