Share

Alasan Daging Sapi Lebih Murah di Supermarket dari Pasar Tradisional

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Senin 21 Juli 2014 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 21 320 1015883 b17ehDRePw.jpg Alasan daging sapi lebih murah di supermarket dari pasar tradisional (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Berdasarkan hasil pantauan harga daging sapi di Pasar Klender dan dua pasar swalayan alias supermarket, didapatkan bahwa harga di swalayan lebih murah dibandingkan pasar tradisional.

Harga di dua swalayan yaitu Tiptop Rawamangun dan Careffour Cempaka putih di kisaran Rp80.000 sedangkan di Pasar Klender di kisaran Rp90.000.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan ada dua alasan yang membuat harga daging di swalayan lebih murah. Salah satunya perbedaan harga tersebut karena pedagang di pasar memiliki ketakutan bila harga tiba-tiba naik.

"Ada ketakutan pedagang karena menghadapi lebaran tahun lalu ongkosnya tinggi, suppli tidak mencukupi, mereka takut ketika mereka jual barang itu tidak bisa lagi membeli dengan harga modalnya itu yang terjadi," ungkapnya, Senin (21/7/2014).

Kemudian yang kedua adalah menumpuknya stok kulit jeroan di bulan Ramadan membuat pedagang menaikan harga daging untuk mengganti lost cost.

"Ketika mereka memotong terjadi tambahan dari kulit dan jeroan, jeroan ini biasanya mengurangi ongkos dari biaya pemotongan sapi tapi lebaran ini permintaan sapi tinggi sedangkan untuk jeroan dan kulit yang buat soto sama bakso lebaran ini menurun jadi ini menyebabkan harga daging sapi di tingkat eceran terutama di pasar tradisional harganya sedikit tinggi dari pada yang di swalayan," jelas Lutfi.

Saat ini harga daging has luar yang menjadi patokan Kemendag atau biasa dikenal dengan daging rendang di Carrefour dibanderol Rp82.900 per kilo. Sedangkan harga daging frozen di Tiptop berada di kisaran Rp87.900 per kilo.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini