Share

Indonesia Siap Hadapi Gugatan Newmont!

Hendra Kusuma , Okezone · Selasa 22 Juli 2014 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 22 19 1016522 mIpNKRWKUR.jpg Indonesia sap hadapi gugatan newmont! (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minerba mengaku posisi pemerintah saat ini menanggapi gugatan arbitrase PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang ditujukan kepada pemerintah Indonesia.

"Kita ini pada posisi sekarang harus menghadapi gugatan itu," kata Dirjen Minerba Kementerian ESDM Sukhyar, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia melanjutkan, tindakan gugatan yang dilakukan Newmont memang dilakukan secara mendadak. Pasalnya, saat ini tengah dilakukan negosiasi namun pihak Newmont malah mengajukan arbitrase.

"Kita kaget juga, tidak fair, seharusnya ada trust antara dua belah pihak, kita juga bisa melakukan terminati kepada mereka," tambahnya.

Akan tetapi, Sukhyar mengungkapkan, dengan telah berlakunya UU Minerba Nomor 4 2009 dipastikan harus dapat dilaksanakan secara tegas. Adapun, lambatnya negosiasi Newmont dengan pemerintah lantaran pihak Newmont tidak leluasa melakukan ekspor paska diterapkannya UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009.

"Kalau UU jelas bahwa wajib hukumnya melakukan pemurnian, dengan adanya UU newmont merasa keleluasaan ekspornya terganggu. Itu defensenya pemerintah," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini