Share

Jelang Lebaran, Pendapatan Emiten Pengelola Jalan Tol Tergantung Traffic

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Rabu 23 Juli 2014 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 22 278 1016624 dTT75Ex5c8.jpg Jelang lebaran, pendapatan emiten pengelola jalan tol tergantung {traffic} (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - Saham-saham emiten pengelola jalan tol seperti PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menjelang Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1435 H diperkirakan akan mendongkrak pendapatan.

Analis Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, kalau dilihat dari jumlah trafic kepadatan lalu lintas di jalan tol naik, tentu pendapatan JSMR dan CMNP akan lebih meningkat. Namun pengaruh kenaikannya akan dilihat berapa besarannya jika dibandingkan traffic peningkatan tahun ini dan tahun lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Ada pengaruhnya, karena dalam kondisi pengaruh normal, tapi yang tahu detailnya masing-masing emiten, namun pendapatan emiten tol-tol ini berasal dari traffic yang ada, kenaikan ada. Tapi untuk tahun ini dilihat dulu berapa besar trafficnya dibandingkan tahun sebelumnya," sebut Reza kepada Okezone di Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Menurut Reza, traffic tahun ini bisa saja turun dikarenakan penggunaan mobil pribadi tahun ini turun, karena banyak mudik menggunakan bus.

"Itu bisa saja terjadi, tahun lalu meningkat penggunaan mobil pribadi, tahun ini bisa saja menurun," kata Reza.

Lanjut Reza mengungkapkan, sehingga jika traffic kendaraan pribadi meningkat yang melalui jalan tol tersebut, membuat harga saham pun cenderung naik.

"Dengan keadaan tersebut membuat harga cenderung naik," kata Reza.

Menurut Reza, investor akan melihat perkembangan emiten tol saat lebaran tahun ini dan akan setelah lebaran.

"Orang lihatnya jangka pendek apa, arus lebaran seperti apa. Kalau kondisi normal jalan tol tersebut meningkat juga, ada kenaikan," sebutnya.

Tercatat saham CMNP dari tanggal 21 Juli 2014, naik dari 3.575 ditutup 4.055 atau naik 455 poin dengan nilai tertinggi 4.200 dan terendah 3.570.

Sementara tercatat saham JSMR naik 50 poin dari 6.350 menjadi 6.400. Dengan nilai tertinggi 6.450 dan nilai terendah 6.325.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini