Share

UMB-PT Untirta Tembus 5.333 Peminat

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Rabu 23 Juli 2014 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 22 373 1016566 5YWArwbHYr.jpg UMB-PT Untirta Tembus 5.333 Peminat (Foto: Ist.)
A A A

JAKARTA - Meski Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 sudah usai, alumnus SMA/sederajat masih punya kesempatan di ujian yang satu ini.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah membuka jalur pendaftaran Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebanyak 11 perguruan tinggi negeri (PTN) sepakat menggelar seleksi mandiri di bawah naungan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT). Ke-11 kampus tersebut terdiri dari, Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jambi (Unja), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Terbuka (UT), Universitas Palangkaraya (Unpar) dan Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Pada periode pendaftaran UMB-PT, hingga saat ini tercatat 5.333 calon mahasiswa meminati Untirta. Rekapitulasi peminatan jalur masuk terakhir Untirta menunjukkan trend positif dan peningkatan signifikan dalam seminggu terakhir.

Seperti dilansir laman Untirta, Rabu (23/7/2014), diketahui pada 15 Juli 2014 peminat UMB-PT Untirta berjumlah 1.734 orang meningkat drastis menjadi 5.333 pada 22 Juli 2014 pukul 08.00 WIB. Peningkatan ini tentu sebagai dampak dari hasil pengumuman SBMPTN 2014.

Untuk peminat tertinggi, tercatat kelompok Soshum yaitu program studi (prodi) Manajemen berjumlah 466 peminat, diikuti prodi Ilmu Komunikasi dan Akuntansi. Sementara untuk kelompok Saintek, prodi Teknik Industri masih tertinggi jumlah peminatnya.

Selain itu, peminat prodi D-3 untuk kali pertamanya hadir dalam UMB-PT 2014, dimana pada tahun-tahun sebelumnya proses seleksi mahasiswa baru (maba) untuk D-3 Ekonomi dilaksanakan dengan Ujian Mandiri. Tahun ini, seleksi D-3 Untirta masuk ke dalam UMB-PT 2014.

Saat ini, Prodi D-3 Keuangan Perbankan masih menjadi favorit dengan jumlah peminat 76 orang, sementara peminatan terendah ada pada prodi D-3 Pemasaran.

Sedangkan peminatan terhadap 12 prodi baru Untirta, ternyata prodi Ilmu Pemerintahan merupakan Prodi Baru dengan peminat tertinggi, yaitu 113 peminat dengan rasio 1 : 2.83. Diikuti oleh Prodi Bimbingan Konseling (BK) dengan jumlah peminat 108 peminat, dan Prodi Pendidikan Sosiologi dengan 98 peminat. Adapun prodi baru yang paling sepi peminat, yakni Pendidikan Teknik Mesin yang sementara ini hanya enam peminat.

Mau tahu informasi lebih lanjut? Simak saja laman www.spmb.or.id.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini