Share

Proses Mumifikasi oleh Suku Angga

Winda Destiana, Okezone · Rabu 23 Juli 2014 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 22 409 1016504 2DMAxUCJ7d.jpg Proses Mumifikasi oleh Suku Angga (Foto:odditycentral)
A A A

SELAMA berabad-abad, suku Angga yang ada di Papua Nugini telah berlatih teknik mumifikasi yang cukup unik. Setelah merokok, mumi tidak dimakamkan di kuburan atau makam, melainkan ditempatkan di tebing curam.

 

Penempatan mereka dapat dilihat oleh semua warga desa yang ada di bawahnya. Dengan kondisi hangus atau berubah menjadi merah, dari kejauhan memang terlihat aneh, namun bagi orang suku Angga merupakan bentuk dari penghormatan tertinggi terhadap orang mati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Proses mumifikasi dapat dilakukan yang berpengalaman. Pada awalnya, lutut, siku dan kaki mayat disayat, kemudian lemak di dalam tubuhnya dikeringkan sepenuhnya. Kemudian tiang bambu yang telah disiapkan digunakan sebagai tempat mayat ini nantinya.

Tahap berikutnya, bagian yang berlubang dari mayat dijahit mengurangi asupan udara dan mencegah pembusukan daging. Hal ini diyakini sebagai langkah yang dapat menjamin mumi dapat sempurna diawetkan selama berabad-abad. Telapak kaki, lidah, dan telapak tangan juga dipotong serta disajikan kepada keluarga yang masih hidup. Sisa mayat kemudian dibuang ke dalam lubang api.

Setelah itu pebalsem menggunakan tanah liat melindungi tubuh mumi dari kerusakan dan pemulung. Proses ini masih dipertahankan dan dilakukan oleh suku Angga. Meski proses cukup menakutkan, namun mereka tetap mempertahankannya.

Tak ayal, banyak wisatawan yang berusaha Mengabadikan mumi-mumi ini sebagai tanda mereka pernah mengunjungi Papua Nugini. Bukan hanya memiliki keindahan alam yang indah, namun adat tradisional di kawasan ini masih terjaga dengan baik, seperti dilansir Odditycentral.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini