Share

Mengatasi Dinding Berlumut & Berjamur

Meutia Febrina Anugrah , Okezone · Jum'at 01 Agustus 2014 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 22 472 1016361 377S6lepzF.jpg Mengatasi Dinding Berlumut & Berjamur (Sumber: solusibangunanmu)
A A A

JAKARTA - Kondisi iklim dapat berpengaruh pada kondisi bangunan rumah, terutama iklim tropis. Biasanya bangunan di daerah yang beriklim tropis lebih mudah ditumbuhi jamur.

 

Jamur-jamur tersebut tumbuh di ruangan yang lembab seperti kamar mandi, wastafel, atau dinding luar yang terkena cipratan air hujan. Adanya jamur ditandai dengan timbulnya noda hitam yang menyebar pada area tertentu di dinding, sedangkan lumut biasanya terlihat dari permukaan dinding yang berwarna hijau.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Home Repairing Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah karangan Griya Kreasi,Jumat (1/8/2014)

Pertama, alat dan bahan yang harus Anda persiapkan antara lain adalah cat anti jamur atau anti lumut, kaporit atau cairan pemutih pakaian, sarung tangan karet, cairan anti jamur dan lumut, cat dasar, lap, masker, kape, sekrap, bak cat, kuas dan roller.

Sebelum memulai pekerjaan, pastikan Anda memamkai sarung tangan dan masker. Bersihkan jamur dan lumut pada dinding dengan menggunakan kape sekrap dan sikat kering, kemudian semprot dengan air.

Campurkan 500 gram kaporit atau larutan pemutih dengan 2 liter air. Usapkan lap ke dinidng secara merata, Biarkan selama 1 jam agar jamur dan lumut mati. Kemudian, semprotkan air bersih ke dinding untuk membilasnya. Setelah dinding menjadi kering, sapukan cairan antijamur dan antilumut dengan kuas. Diamkan selama 2-6 jam.

Setelah didiamkan, bilas lagi dengan menggunakan air bersih. Biarkan selama satu hari agar dinding benar-benar kering. Setelah itu, aplikasikan car dasar dan tunggu sampai kering. Terakhir, aplikasikan cat dinding berupa cat antijamur dan antilumut.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini