Share

Lebaran, Waspadai Makanan Pencetus Asam Lambung Naik

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 28 Juli 2014 10:20 WIB
$detail['images_title']
Waspadai makanan pencetus asam lambung naik (Foto: Bbc)

SALAH satu hal yang menyenangkan dari momen Lebaran adalah berbagai jenis hidangan. Sayangnya, makanan yang disajikan seringkali tidak sehat bahkan meningkatkan asam lambung.

Kepala Divisi Bedah Digestiv Departemen Bedah RSUP Dr Kariadi Semarang, Prof Dr dr Ignatius Riwanto, Sp.BD, mengatakan bahwa makanan yang bisa memicu asam lambung naik biasanya mengandung santan. Karenanya, Prof Ignatius menyarankan untuk Anda mengonsumsi tidak terlalu banyak makanan pencetus asam lambung naik tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Sebaiknya makan-makanan yang mencentuskan asam lambung naik secukupnya saja, jangan terlalu banyak," ucapnya kepada Okezone di Ballroom Grand City,  Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (Baca: Dengar Musik Sehatkan Jantung & Cegah Asam Lambung Naik)

Selain santan, yang paling banyak dikhawatirkan dapat mencetuskan asam lambung naik adalah konsumsi obat-obatan. "Kalau makan daging tidak berisiko meningkatkan asam lambung, tetapi obat-obatan seperti obat rematik itu mesti hati-hati karena bisa merusak asam lambung," tutupnya. (Baca: Terlalu Banyak Garam, Gangguan Pencernaan Menghantui)

 

(fik)