Share

Obat Kumur Beralkohol Justru Timbulkan Bau Mulut

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 28 Juli 2014 04:23 WIB
$detail['images_title']
Obat kumur beralkohol timbulkan bau mulut (Foto: Healthtap)

UNTUK menjaga kesehatan gigi dan mulut, sebagian orang memilih menggunakan obat kumur. Namun, tepatkah penggunaan obat tersebut?

Menurut drg Edwin Zakaria dari Klinik Prodentist Dental Care, obat kumur ternyata tidak begitu disarankan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, obat kumur yang beredar di pasaran seringkali mengandung alkohol. (Baca: Ini Penyebab & Cara Atasi Bau Mulut)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau menggunakan obat kumur itu tidak terlalu disarankan karena kebanyakan yang beredar di masyarakat mengandung alkohol," katanya kepada Okezone di Klinik Hario di MNC Plaza, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, beberapa saat lalu.

drg Edwin menjelaskan bahwa di dalam mulut terdapat flora yang terdiri dari bakteri jahat dan baik. Bila kita menggunakan obat kumur beralkohol, maka semua bakteri yang terdapat di dalam mulut akan mati. Padahal, bakteri baik seharusnya tetap ada di dalam mulut.

"Jadi, bakteri baik yang seharusnya ada di dalam mulut akan ikut mati juga, sehingga bisa timbul jamur dan pada akhirnya bisa menimbulkan bau mulut," jelasnya.

Bakteri baik di dalam mulut berperan menjaga keseimbangan pH atau keasamannya. Bila pH di dalam mulut seimbang, maka mulut menjadi tidak terlalu cepat kering.

"Bakteri baik di dalam mulut itu untuk menjaga keseimbangan pH di dalam mulut sehingga tidak terlalu cepat kering," tutupnya. (Baca: Hah, Ganti Pasta Gigi Bikin Mulut Sariawan?)

(fik)