Share

Permen Sehat dari Kulit Pisang

Deny Irwansyah, iNews · Kamis 31 Juli 2014 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 29 299 1019040 3X3MOv2owt.jpg Permen Sehat dari Kulit Pisang (Foto:Deni Irwansyah)
A A A
PERMEN dari kulit pisang, pengikat kolesterol dan obat jantung karya mahasiswa, cocok untuk atasi pola makan berbahaya saat Lebaran.

Pola makan yang berlebihan di saat Lebaran sekarang ini, berbahaya meningkatkan kolesterol dan rawan penyakit jantung. Namun jangan khawatir, mahasiswa di Kota Malang, menciptakan permen marshmallow dengan kandungan zat petin yang tangguh mengikat lemak dan obat jantung, dari bahan kulit pisang.

Di laboratorium rekaya dan pengolahan pangan, Fakultas Teknologi pertanian, Universitas Brawijaya inilah, permen ajaib pengikat kolesterol dan Obat Jantung, diciptakan dari hasil penelitian beberapa mahasiswa. Berawal dari ide tiga orang mahasiswanya. Lukman Aziz, Nisa Alfilasari, dan Clara Arha, yang mendapatkan Tantangan dari Dosennya, menciptakan olahan pangan dengan pemanfaatan yang optimal.

Ketiga mahasiswa ini kemudian, menghubungkan dengan permasalahn di dunia, dengan tingginya angka kematian akibat penyakit jantung koroner, dan obatnya yang berupa zat pektin, ternyata terkandung dalam kulit pisang.

Ide ini semakin menarik, karena di Indonesia, buah pisang cukup merakyat, dan olahannya berada di mana-mana, sehingga banyak bahan yang tersedia dan selama ini dianggap sebagai sampah.

Proses pembuatan pektin cukup mudah dan dapat dilakukan menggunakan peralatan rumah tangga biasa, limbah kulit pisang yang telah disortasi cukup diirsi kecil kemudian dikukus selama 10 menit, tahap adalah pengeringan dan penepungan.

Tepung inilah yang kemudian diekstrasi dengan metode padat cair pada suhu 90 celcius menggunakan pelarut asam, hingga menghasilkan zat pektin sebagai hasil ekstraksinya, baru kemudian dijadikan bahan daasar pembuatan marsmallow.

Zak pektin dengan campuran gula rendah kalori dan pewarna dari buah naga dicampur, hingga menghasilkan permen kenyal, atau yang kerap disebut marsmallow lezat. Siapa yang meyangka, permen yang lezat ini, ternyata mengandung zat pektin tinggi, yang efektif mengikat kolesterol dan mengobati jantung.

Sejauh ini, marsmallow kaa zat pektin ini, masih diujikan ke tikus percobaan, dan hasilnya mampu menurunkan lemak pada hewan tikus. dan selanjutnya, dosis pada tikus ini akan dikonversikan ke dosis manusia.

Ekstrak pektin dari kulit pisang ini dinilai lebih murah dibandingkan ekstrak pektin yang dihasilkan industri. Sebagai perbandingan sebagai perbandingan, pektin di pasaran seharga Rp1 juta per gram, sedangkan untuk mengekstrak pektin dari per gram, sedangkan untuk  mengekstrak pektin dari kulit pisang bisa menekan harga Rp12 ribu per gram tiap 3,5 kilogram limbah pisang, bisa menghasilkan 500 gram tepung pisang, dan tiap 3,5 kilogram limbah kulit pisang, bisa menghasilkan 500 gram tepung pisang, dan tiap 25 gram tepung pisang bisa menghasilkan empat sampai lima gram pektin.

Permen Marsmallow pengikat kolesterol dan obat jantung karya ketiga mahasiswa universitas Brawijaya ini, sebelumnya telah memenangkan lomba penelitian yang digelar U-S-A-I-D tahun 2012, dan kini terus dikembangkan guna dipatenkan segera dan diproduksi untuk memaksimalkan kebutuhan obat dan pencegahan penyakit jantung ke masyarakat.  
Nah, cocok bukan marsmallow dilihat dari bahan kulit pisang ini, dikonsumsi segera, untuk mengimbangi ola konsumsi makanan saat sekarang ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini