Share

Berwisata Edukasi di Kampung Cokelat, Blitar

Solichan Arif, Koran Sindo · Jum'at 01 Agustus 2014 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 30 299 1019097 MyU3NaHULT.jpg Berwisata Edukasi di Kampung Cokelat, Blitar (Foto:inforehat)
A A A
BLITAR - Selama ini perkebunan cokelat dianggap sebagai kebun biasa. Tapi bila ke Blitar, maka akan menemukan kampung cokelat yang dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan yang datang ke Blitar. 

Sebelum menjadi cokelat yang enak disantap, tentu saja buah cokelat yang bernama kakao harus menunggu waktunya panen. Biasanya bila memasuki masa panen, buah kakao akan berbentuk lonjong.

Dalam satu pohon bisa terdapat sekira enam hingga tujuh butir kakao. “Tidak sedikit wisatawan datang untuk memilih serta mencicipi kakao secara langsung," ucap Kholid Mustofa pemilik kebun cokelat.

Kebun cokelat yang berada di lokasi wisata Kampung Coklat di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar menjadi pesona Blitar Selatan yang sudah terlihat dari titik Kilometer 20 dari pusat kota.

Biasanya para pelancong terutama dari Eropa gemar melakukan aksi cicip buah kakao secara langsung. Tidak jarang mereka membelah kakao matang yang baru dipetik dari pohonnya. Dengan gaya tak lazim, mereka mulai mencicipi kakao. Bagi sebagian orang asing, biji coklat yang masih baru memiliki cita rasa yang istimewa.

“Wisatawan mancanegara paling suka coklat murni. Mereka sebelum dan bangun tidur pasti ngemil coklat,“ terangnya.

Dirinya mengaku kebanyakan yang datang ke kampung cokelat lebih di dominasi oleh turis asing ketimbang turis lokal. Selain mencicipi cokelat, para turis pun juga diajak beredukasi soal cokelat.

Biasanya wisatawan lokal selalu di dominasi dari luar Blitar, seperti dari Kediri, Madiun, Malang hingga Surabaya. Selain menampilkan buah cokelat, di tempat ini pun juga disediakan cokelat yang sudah jadi dalam bentuk batangan maupun yang sudah diberi tambahan pemanis dari gula.

“Untuk mereka yang ingin belajar bagaimana mengelola coklat, kami juga menyediakan. Tidak jarang ada yang sampai menginap. Siapapun yang ingin belajar kami membuka pintu lebar lebar," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(jjs.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini