Share

Selingkuh, Mengapa Pria Acapkali Disalahkan?

Evi Elfira, Okezone · Kamis 24 Juli 2014 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 196 1017064 HK8vfheJRZ.jpg Selingkuh pria selalu jadi pelaku utama (Foto: Dailymail)
A A A

DALAM perselingkuhan yang terjadi pada pasangan menikah, sosok pria acapkali menjadi pelaku utama yang disalahkan. Hal ini dikarenakan masyarakat masih memiliki stigma tersendiri antara pria dan wanita. Pria beristri yang berselingkuh biasanya akan menerima banyak penilaian bersalah dari orang sekitar.

Tanpa tahu penyebabnya, pria selalu menjadi tersangka utama dalam kasus perselingkuhan. Padahal, beberapa faktor penyebab perselingkuhan seorang pria yang sudah berumah tangga jugabisa dipicu dari sang istri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun wanita selalu menganggap dirinya sebagai korban saat suaminya ketahuan selingkuh. Menurut psikolog Drs. Lukman S. Sriamin, M.PSi., hal ini dikarenakan stigma masyarakat yang masih menilai jika pria berselingkuh yang menjadi korban adalah istri.

“Wanita dalam kasus perselingkuhan lebih menonjol karena sosoknya dianggap sebagai sosok yang lemah dan lebih menurut,” kata Drs. Lukman S. Sriamin, M.PSi., kepada Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Namun pengamat psikodina¬mika masyarakat dari Universitas In¬donesia (UI) ini menganggap bahwa penilaian tersebut juga bergantung kepada penerimaan masyarakat terhadap stigma wanita maupun laki-laki. Bisa saja seorang wanita turut melakukan tindakan yang sama dengan suaminya, yakni selingkuh.

“Memang masyarakat lebih terbiasa dengan pria beristri yang berselingkuh. Namun akan beda halnya jika sang istri yang berselingkuh. Dan ini tergantung dari penerimaan masyarakat, apakah mereka bisa mengerti bahwa wanita juga bisa melakukan tindakan selingkuh atau tidak,” tandasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini