Share

Dikepung 160 Titik Api, Jarak Pandang di Riau Mulai Terganggu

Banda Haruddin Tanjung , Okezone · Rabu 23 Juli 2014 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 340 1017009 iKCK0ImNUy.jpg Kabut asap di Pekanbaru (Foto: Banda H/okezone)
A A A

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau semakin meluas. Saat ini, terdapat 160 titik api atau hot spot yang tersebar di 11 kabupaten dan kota. Asap kebakaran membuat jarak pandang di Riau mulai terbatas.

Ironisnya, kebakaran terparah terdapat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang merupakan kampung halaman Gubernur Riau, Annas Maamun.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Di Kabupaten Rohil terdapat 94 hot spot, kemudian di Kabupaten Inhu 16 titik dan Bengkalis 12 titik api," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo kepada okezone Rabu (23/7/2014).

Kemudian titik api tersebar juga di Kota Dumai 8 titik, Kuansing 9, 7 Rohil, 6 Inhil, 4 Kampar, dan sisanya di 4 kabupaten lainnya. Sementara di  Pulau Sumatera secara keseluruhan berjumlah 268 titik.

"Di kabupaten Pelalawan saat ini jarak pandang hanya 2 kilometer dari normalnya 10 kilometer," tukasnya.

Menurutnya, kebakaran hutan di Riau 99 persen disebabkan oleh kesengajaan masyarakat atau kelompok melakukan pembukaan lahan untuk efisiensi. "Harus ada langkah konkret daerah untuk serius menanganinya," ucapnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini