Share

Mahasiswi UNY Masuk Timnas SEA GAMES 2015

Rachmad Faisal Harahap , Okezone · Rabu 23 Juli 2014 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 373 1016830 yKPszVYkke.jpg Mahasiswi UNY Masuk Timnas SEA GAMES 2015 (Foto: UNY)
A A A

JAKARTA - Dunia renang Indonesia, khususnya renang indah memang tidak sepopuler sepakbola atau badminton yang merupakan olahraga favorit masyarakat Indonesia. Namun, justru dari sektor inilah prestasi demi prestasi medali disumbangkan para tunas bangsa.

Salah satu bakat muda yang mulai diperhitungkan di dunia renang indah Indonesia, yaitu Pratiwi Adhiati Kusumawardani. Meski masih berstatus mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), namun hal tersebut tidak mempengaruhi Pratiwi untuk meraih prestasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pratiwi telah mengikuti Ajang 2nd South East Asia Swimming Championships di Singapura dan berhasil membawa pulang tiga medali Perunggu. Pada kejuaraan ini, Pratiwi menang untuk kategori team technical routine, team free routine, dan team combination.

South East Asia Swimming Championships diikuti oleh enam negara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Indonesia mengirimkan delapan orang atlet termasuk Pratiwi dan dari semua kategori Indonesia mendapatkan medali perunggu.

Setelah ajang tersebut, Pratiwi akan mengikuti timnas SEA GAMES 2015 untuk cabang renang indah di Singapura. Yang sebelumnya pernah mengikuti SEA GAMES 2011 di Palembang.

Sederet medali pun telah disumbangkan perenang kelahiran 28 Maret 1993 silam itu. Pratiwi telah mengikuti klub renang sejak duduk di bangku kelas 5 SD, dan mulai berkecimpung renang indah mulai SMP. Sekira 50 medali telah dikumpulkan Pratiwi dari prestasi renangnya.

Ketika ditanya suka dukanya menjadi atlet, Pratiwi mengatakan, renang indah lebih sulit dari jenis renang lainnya, karena di renang indah timnya harus menghafalkan gerak, mendengarkan musik, perlu stamina yang kuat dan harus bekerjasama dengan teman satu tim untuk mendapatkan gerakan yang sempurna.

"Meskipun satu kali tampil, tim renang indah hanya membutuhkan waktu empat menit. Namun untuk mempersiapkan satu pertandingan, kami harus latihan setiap hari dan berenang minimal 5 ribu meter per hari,” ujar Pratiwi, seperti dilansir laman UNY, Rabu (23/7/2014).

Menjelang pertandingan atau kejuaraan besar, mahasiswi jurusan Manajemen itu lebih banyak menghabiskan waktunya untuk latihan. Setiap hari, dia sudah berada di kolam renang sejak pukul 04.00 hingga pukul 08.00 WIB, dan sorenya latihan lagi mulai pukul 14.00 hingga 18.00 WIB.

Sehingga, untuk berkumpul bersama teman-teman kuliahnya atau hanya sekedar jalan-jalan tidak ada waktu. Namun, semua itu terbayarkan oleh Pratiwi menerima medali kejuaraan dan mengharumkan nama bangsa melalui cabang renang indah.

Walaupun masih kuliah, Pratiwi sudah memiliki penghasilan sendiri. Setiap ada kejuaraan KONI selalu memberikan dana kepada atletnya, tentu saja disertai target untuk mendapatkan medali emas dari cabang renang indah.

Selain itu, Pratiwi juga mengajar ekstrakurikuler (ekskul) renang di SMP dan SMA Budi Mulya. Seminggu tiga kali, dia berbagi ilmu dengan murid-muridnya sebelum berangkat ke kolam lain untuk melatih staminanya.

Pratiwi berharap, dari olahraga renang indah yang digelutinya saat ini, bisa membuat bangga orangtua dan tentu mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini