Share

Kuota Peserta UMB-PT 2014 Tergantung Kapasitas Tempat Ujian

Margaret Puspitarini , Okezone · Rabu 23 Juli 2014 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 373 1016863 2elBpDeDVL.jpg Kuota Peserta UMB-PT 2014 Tergantung Kapasitas Tempat Ujian (Ilustrasi Foto : Unsoed)
A A A

JAKARTA - Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan salah satu dari 14 perguruan tinggi negeri yang menggelar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) 2014. Melalui jalur tersebut USU menyiapkan 1.182 kursi bagi para mahasiswa baru.

Ketua Bidang Humas USU Bisru Hafi menyebut, pendaftaran seleksi UMB-PT 2014 dijadwalkan akan ditutup pada 31 Juli 2014. Sementara pendaftaran dilakukan secara online melalui laman www.penerimaan.spmb.or.id.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Pembayaran di Bank BNI hingga 31 Juli dan pencetakan kartu ujian hingga 1 Agustus 2014 pukul 11.30 WIB. Apabila hingga waktu tersebut peserta belum mencetak kartu ujian maka dianggap mengundurkan diri," ungkap Bisru, seperti dikutip dari laman USU, Rabu (23/7/2014).

Selanjutnya, kata Bisru, ujian tulis akan digelar pada 3 Agustus 2014 dan pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada 11 Agustus 2014. Dia mengingatkan, secara otomatis pembayaran biaya pendaftaran tidak dapat dilakukan lagi bila kapasitas tempat ujian di Panitia Lokal telah terisi penuh.

"Untuk itu diimbau kepada calon peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi ini agar lebih cepat melakukan pendaftaran dan pembayaran, serta dituntaskan dengan mencetak kartu ujian. Mengingat mekanisme keterbatasan peserta ditentukan oleh sistem yang terintegrasi dengan ketersediaan tempat ujian pada server Panitia Pusat di Jakarta dan pada pihak bank," imbuhnya.

Menurut Bisru, UMB-PT masuk dalam jenis pembayaran V yang merupakan seleksi bagi program mandiri USU. Hingga 21 Juli 2014, jumlah pendaftar telah menembus angka 1.538 orang.

Selain USU, terdapat 13 PTN lain di Indonesia yang menggelar seleksi UMB-PT secara serentak. Mulai dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Jambi (Unja), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Palangka Raya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Udayana (Unud) Bali, hingga Universitas Terbuka (UT).

Mereka yang boleh mendaftar pada jalur tersebut harus lulus dari satuan pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014, memiliki persyaratan kesehatan yang memadai sehingga tidak menganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Untuk panduan pendaftaran UMB-PT 2014 dan persyaratan khusus untuk dapat diterima pada program studi pilihan secara lengkap dapat dilihat pada laman www.spmb.or.id.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini