Share

Intip Peradaban Tempo Dulu Kota Cirebon

Dewi Kania, Okezone · Rabu 23 Juli 2014 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 23 407 1016934 rKmCI0GB6U.jpg Intip peradaban tempo dulu Kota Cirebon (Foto: Dewi/Okezone)
A A A

PULANG kampung ke Cirebon tak ada salahnya traveller mampir ke istana kerajaan Pajajaran yang menjadi penguasa Cirebon. Adalah Keraton Kasepuhan Cirebon, salah satu bangunan bersejarah di Kota Jamblang.  

Kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi andalan wisata Cirebon untuk menengok peradaban tempo dulu. Dulunya, kawasan ini menjadi pusat perekonomian sekaligus pemerintahan masyarakat Cirebon yang tak pernah mati.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagai penunjang dua hal tersebut, kawasan ini memiliki alun-alun dan masjid agung yang berfungsi sampai kini. Setiap kali menyisir area seluas 25 hektare, decakan kagum tak pernah berhenti dari dalam diri.

 

"Ciri khas keraton ini banyak sekali pendopo yang dipakai untuk acara-acara besar keraton," ucap tour guide Keraton Kasepuhan Cirebon Andi Rokhman kepada Okezone di Cirebon, belum lama ini.

 

Keraton tersebut sudah berjaya sejak 1452. Semakin dalam menyusuri bagian dalam halaman keraton, mulanya Anda disambut dua patung singa yang diibaratkan sebagai penjaga gerbang.

 

Akulturasi budaya Jawa, India, China, Arab, dan Eropa nampak kuat dari tiap sisi bangunan yang kita nikmati. Setiap bangunan yang ada dibentengi tembok putih kokoh sebagai penanda pergantian ruang.

 

Di sana juga terdapat Museum Benda Kuno yang menjadi rumah peninggalan dari anggota silsilah keluarga keraton.

 

"Waktu dulu keraton juga sempat menjadi pusat penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para wali," tambahnya.

 

Sunan Gunung Jati melakukan penyebaran Islam di wilayah utara Jawa. Namun sayang, keraton ini tak eksis seperti Keraton Yogyakarta dan Keraton Kasunanan Solo yang masih berkaitan erat.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini