Share

Rutin Makan Yogurt Bikin Tekanan Darah Turun

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Rabu 23 Juli 2014 13:30 WIB
$detail['images_title']
Rutin makan yogurt bikin tekanan darah turun, (Foto: Healthmeup)

BANYAK manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi yogurt, selain menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Selain itu, yogurt juga bisa membantu mengontrol tekanan darah.

 

Para peneliti menemukan, mengonsumsi yogurt dengan jumlah yang tepat minimal dua bulan, secara otomatis bisa menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan hasil itu, para peneliti mengombinasikan hasil dari sembilan studi mengenai manfaat konsumsi probiotik dengan mereka yang tidak. Hasilnya, para peneliti bahwa peserta penelitian yang mengonsumsi probiotik tekanan darahnya menurun, dibanding mereka yang tidak. (Baca: Deretan Makanan Bantu Turunkan Kolesterol)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

"Saya tidak berpikir masyarakat luas bisa memahami bagaimana probiotik bisa ditahap ini, yakni menurunkan tekanan darah. Tetapi, tantangan kami adalah meyakinkan pasien dan dokter untuk menerima yogurt dalam kehidupan kesehariannya," kata Jing Sun, peneliti dari Griffith University School of Medicine dan Griffith Health Institute di Queensland, Australia, seperti dilansir foxnews (23/7/2014)

 

Adapun studi sebelumnya menunjukan bahwa probiotik bisa menurunkan gula darah, kolesterol dan hormon tertentu. Meski begitu, dalam penelitian tersebut tidak dikatakan bahwa penderita hipertensi harus mengganti obatnya dengan probiotik. Pasalnya, untuk sampai tahap ini masih diperlukan penelitian lanjutan.

 

(fik)