Share

Tetap Sehat Santap Hidangan Bersantan saat Lebaran

Ainun Fika Muftiarini, Jurnalis · Selasa 29 Juli 2014 10:11 WIB
$detail['images_title']
Tetap Sehat Santap Hidangan Lebaran (Foto: Dok.Okezone)

MAKANAN khas Lebaran memang sayang untuk dilewatkan karena menawarkan beragam kelezatan. Namun, tidak sedikit penikmatnya yang kemudian mengabaikan faktor kesehatan.

Menurut Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK, hidangan khas Lebaran yang biasanya bersantan ataupun gula memang tidak bisa dihindarkan. Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk melupakan kesehatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Biasanya Lebaran itu susah menghindari makanan yang bersantan, gula, enggak ada sayur atau buah. Kalau kita makan dengan porsi normal atau durasi 3 kali sehari dan 2 porsi snack, itu tidak masalah," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, dr Fiastuti menganjurkan agar konsumsi camilan tetap harus menyesuaikan kondisi tubuh. Tentu saja, ini untuk menghindari masalah kesehatan di kemudian hari.

"Konsumsi snack juga menyesuaikan berat badan. Kalau yang normal atau kurus, tentu boleh snack padat. Tapi kalau memang berat badannya sudah berlebih, pilihlah snack sehat dan rendah kalori. Jangan lupa untuk makan juga harus ada sayur dan buah," tutupnya.  

(fik)