Share

Makanan Tepat bagi Penderita Anemia Puasa

Genie, Jurnalis · Rabu 23 Juli 2014 13:03 WIB
$detail['images_title']
Berbuka Puasa (Foto: Dok. Okezone)

KURANG tidur dapat memicu sakit kepala serta membuat tubuh bertambah lemas. Karena itu, paling baik adalah mengurangi atau menghindari kopi dan teh hitam saat sahur dan berbuka.

Mengapa? Karena minum ini mengandung zat yang dapat menganggung penyerapan zat besi. Umumnya, penderita anemia tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi dan kalori dari jadwal makan selama bepuasa. (Baca: Tip Berpuasa Aman bagi Penderita Anemia)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Yang paling sering dialami, terutama oleh wanita, adalah karena kekurangan zat besi,” kata dr. Deby Vinski, AAMS.

Namun jika ingin berpuasa, spesialis anti-aging itu mengatakan ada beberapa hal yang baik dilakukan. Berikut ulasannya.

-  Minumlah susu yang diperkaya protein, vitamin, dan mineral sebelum tidur

-  Konsumsilah suplemen penambahan darah sesuai petunjuk dokter

-  Saat sahur, konsumsilah makanan lengkap, termasuk sayur dan buah. Serta yang tidak dapat memperlambat penyerapan, sehingga anda lebih lama kenyang.

-  Saat berbuka puasa, pilih makanan manis yang mudah dan cepat diserap tubuh. Misalnya, jus buah dan kolak. (Baca: Makanlah buah beserta kulitnya)

-  Perbanyak konsumsi lauk dari protein hewani (hati sapi, daging sapi, daging ayam, telur, dan ikan ), serta sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan berwarna merah tua.

-  Kalau anemia anda tergolong berat, biasanya dokter tidak menyarankan untuk berpuasa.  

(fik)