Share

Cegah Kanker Mulut dengan Cara Berikut

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Rabu 23 Juli 2014 14:00 WIB
$detail['images_title']
Cegah kanker mulut dengan cara berikut, (Foto: Magforwomen)

KANKER mulut adalah salah satu jenis kanker yang mematikan dan sangat menyiksa. Karenanya, penting untuk mengambil langkah preventif agar terhindar risiko itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

The B. C. Cancer Agency menyatakan bahwa risiko seseorang terkena kanker mulut akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, ada juga sejumlah faktor risiko lain yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker mulut.

 

Untuk mencegah kanker mulut, ada beberapa faktor risiko yang harus diketahui. Berikut ulasannya seperti dilansir Healthmeup.

Konsumsi tembakau

 

Mengonsumsi tembakau dalam bentuk rokok, cerutu, atau bahkan mengunyahnya, bisa menyebabkan kanker mulut. Semakin sering merokok, maka risiko terhadap kanker juga besar. Untuk memutus risiko tersebut, Anda hanya perlu berhenti dari kebiasaan merokok.

Konsumsi alkohol

 

Mengonsumsi alkohol juga secara signifikan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut. Risiko ini meningkat seiring dengan jumlah konsumsi perharinya. Lebih dari itu, risiko kanker mulut tiga kali lebih tinggi menyerang orang yang mengonsumsi alkohol dibandingkan orang yang tidak meminumnya. (Baca: Deretan Makanan Bantu Turunkan Kolesterol)

Paparan sinar matahari

 

Paparan sinar matahari sudah diketahui meningkatkan risiko orang terkena beberapa jenis kanker, termasuk kanker kulit. Namun rupanya paparan sinar matahari juga meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut, terutama di daerah bibir. Oleh karenanya, hindarilah paparan sinar matahari terlalu lama atau Anda bisa menggunakan lotion pada bibir.

Menjaga kesehatan mulut

 

Mulut yang sehat bisa membantu melawan pertumbuhan kanker yang potensial di seluruh rongga mulut. Untuk itu, pastikan Anda sikat gigi dan membersihkan lidah  setiap hari. 

Rutin berolahraga

 

Olahraga teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh kita bisa melawan pertumbuhan kanker.

 

Konsumsi makanan sehat

Salah satu cara mencegah kanker mulut, pastikan yang Anda konsumsi ialah makanan sehat. Contohnya, aneka kacang-kacangan, sayuran hijau, teh hijau, tomat, biji rami dan lain-lain.

(fik)