Share

Paru-Paru Tetap Sehat dengan Makanan Ini

Qalbinur Nawawi, Jurnalis · Rabu 23 Juli 2014 14:30 WIB
$detail['images_title']
Paru-paru tetap sehat dengan makanan ini, (Foto: Howtobehealthy)

SECARA tidak sadar, kita menghirup polusi udara dan mikroba. Tentu saja hal inipun mendekatkan kita dengan masalah paru-paru.

 

Namun demikian, merawat paru-paru bisa memastikan fungsinya dengan baik dan jauh dari risiko tersebut. Berikut daftar makanan sehat yang meningkatkan kesehatan paru-paru, seperti dilansir Healthmeup.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Minum banyak air

 

Minum banyak air akan mengatur aliran darah dari dan ke  paru-paru. Cara ini juga akan menjaga paru-paru tetap terhidrasi. Sebaliknya, kurang minum akan menyebabkan paru-paru jadi kering dan membuatnya lebih berisiko terhadap peradangan.

Sayuran

 

Sayuran seperti kembang kol, kubis, kale dan brokoli sudah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mengurangi perkembangan kanker paru-paru.  Kok bisa? Pasalnya, sayuran ini kaya akan klorofil yang bisa membersihkan dan membentuk darah dengan antioksidan yang sehat. (Baca: Deretan Makanan Bantu Turunkan Kolesterol)

Apel

 

Apel kaya akan vitamin E, C dan flavonoid yang meningkatkan fungsi dari paru-paru. Seseorang yang mengonsumsi apel beberapa kali perpekan memiliki paru-paru lebih sehat ketimbang orang yang tidak mengonsumsi buah.

lemak ikan

 

Lemak ikan mengandung kadar tinggi asam lemak omega-3 yang merupakan salah satu nutrisi  penting untuk menyehatkan paru-paru .

Aneka kacang-kacangan dan biji-bijian

 

Aneka kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan magnesium yang penting untuk kesehatan paru-paru. Tidak hanya itu, semua asupan itu juga membantu kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) Anda.

Wortel

 

Wortel kaya akan akan vitamin A dan C, likopendan antioksidan yang membantu menyehatkan fungsi paru-paru. Selain itu, rutin mengonsumsi sayuran ini juga akan menurunkan risiko orang terkena kanker paru-paru.

(fik)