Share

Ingin Bercerai, Ayah & Ibu Perlu Libatkan Diskusi dengan Anak

Evi Elfira, Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 196 1017781 huq20OWzeM.jpg Orangtua libatkan anak diskusikan cerai (Foto:twodaymag)
A A A

MENDAPATI suami berselingkuh dengan wanita lain seringkali disikapi dengan perceraian. Namun, pasangan seharusnya memikirkan dampak terhadap anak jika orangtua tidak lagi hidup bersama.

 

Maraknya kasus perselingkuhan yang dilakukan pria beristri menyebabkan banyak kasus perceraian. Dampaknya, anak harus menjadi korban dari perceraian kedua orangtuanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Psikolog Drs Lukman S. Sriamin, M.PSi., mengatakan bahwa jika sepasang suami istri sedang mengalami masalah perselingkuhan, alangkah baiknya untuk membicarakan masalah tersebut secara baik-baik. Jikalau pasangan tersebut bingung ingin bercerai atau tetap memertahankan rumah tangga, mereka bisa  untuk mendiskusikan keputusan bersama sang anak.

 

“Jika memutuskan untuk  bercerai, perlu atau tidak dibicarakan dengan anak mengenai masalah tersebut itu tergantung orang tuanya,” katanya Okezone melalui sambungan telefon, belum lama ini.

 

Menurut Lukman, pertimbangan besar dari sebuah keputusan perceraian adalah anak. Jika pasangan telah memutuskan untuk berpisah, pikirkan dan diskusikan lebih rinci bagaimana nasib anak nantinya jika orangtua berpisah. Diskusikan dari bagaimana sekolahnya, jadwal bertemu orangtuanya, dan lain sebagainya.

 

“Bisa saja mereka (pasangan-red) mencari pertimbangan hubungan dengan berbicara kepada sang anak. Sebagai orangtua, pasangan harus memiliki pandangan atau suara yang bisa dimengerti dari kedua belah pihak, dalam hal ini adalah anak,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini