Share

Mengurangi Trauma Perceraian Orangtua pada Anak

Evi Elfira, Okezone · Kamis 24 Juli 2014 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 196 1017833 R5d8z8upbQ.jpg Atasi trauma perceraian orangtua (Foto:powerofmarriage)
A A A

MENGAMBIL keputusan untuk berpisah di antara pasangan suami istri merupakan keputusan yang tidak mudah. Pasalnya, kedua pihak harus menjelaskan kondisi sebenarnya kepada anak yang mungkin mengalami trauma.

Menurut pengamat psikodina­mika masyarakat, Drs. Lukman S. Sriamin, M.Psi., dampak buruk perceraian terhadap anak dapat diminimalisir jika orangtua dapat menjelaskan kondisi sebenarnya. “Tergantung cara orangtua menanganinya kepada sang anak, harus jelas dan detail,” katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, belum lama ini.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lukman mengatakan bahwa anak-anak sekarang berbeda dengan masa dahulu. Mereka kini lebih peka terhadap perubahan dan sangat ingin tahu penyebabnya.

 

“Kalau zaman dulu orangtua bisa bilang pokoknya begini, pokoknya begitu, kepada anak. Sekarang sudah tidak bisa, anak harus diberi penjelasan lebih rinci,  lebih jelas, serta lebih dimengerti oleh anak,” tambahnya.

 

“Itu yang harus dilakukan para orang tua, mereka tidak bisa memisahkan diri dengan anak setelah bercerai karena efeknya akan buruk terhadap anak,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini