Share

Beban Marshanda Kian Berat

Evi Elfira, Okezone · Jum'at 25 Juli 2014 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 198 1017774 Nh0M4LvciH.jpg Mashanda Buka jilbab masyarakat komentar miring (Foto:instragram)
A A A

SELAIN dikejutkan dengan perubahan baru Marshanda, masyarakat juga mulai membuat berbagai komentar terhadapnya. Tanpa disadari, komentar-komentar buruk yang cenderung menyudutkan Marshanda alias Chacha justru bisa memberikan tekanan lebih padanya.

Sebagai wanita, Chacha memiliki beban yang berat. Hal in ditegaskan oleh psikolog A. Kasandra Putranto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Wanita umumnya lebih sulit memotivasi diri atau lebih lama pulih dari sebuah masalah karena selain tekanan sosial yang didapat, wanita lebih kuat daripada pria,” katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, baru-baru ini.

Dalam menjalani kodratnya, wanita melewati masa menstruasi, hamil, melahirkan, dan mengurus anak. Wanita acapkali menerima perlakuan superior dari orangtua maupun suami dalam bentuk larangan. Larangan-larangan tersebut tentunya menyulitkan pilihannya yang kemudian menjadi beban tersendiri. Beban gender lainnya yang dapat memberi tekanan lebih pada wanita adalah stigma masyarakat.

Stigma masyarakat saat ini adalah beban baru yang dialami Chacha. Sebagai figur publik, dirinya tidak dapat luput dari opini masyarakat. Berbagai tanggapan miring mengenai perubahan penampilannya yang tanpa hijab menjadi perhatian masyarakat sekarang ini.

“Marshanda adalah figur yang di satu sisi kita bisa asumsikan ‘bermasalah’. Tapi di sisi lain, ternyata masyarakat cukup sayang kepadanya dengan memberi banyak tanggapan, memiliki perhatian terhadap Marshanda,” tutur Kasandra.

Namun, dalam  memberi berkomentas, pendiri Kasandra & Associates ini merasa masyarakat sangatlah pedas. Hal tersebut, menurutnya, justru bisa menambah atau  memberikan tekanan kepada Chacha.

“Kasihan kan dia sedang dalam masalah. Sudah jatuh, kita timpa tangga pula dengan komentar-komentar yang makin membuatnya tertekan. Seharusnya kita bisa memberikan semangat karena kita tidak pernah tahu persis apa yang terjadi pada dirinya. Lebih baik kita mendoakan masalahnya cepat selesai,” tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini