Share

Dahlan: Investasi Bangun Pabrik Oleochemical Kira-Kira Rp1,5 T

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 24 Juli 2014 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 320 1017340 MtL87GLZnJ.jpg Dahlan: Investasi Bangun Pabrik Oleochemical Kira-Kira Rp1,5 T (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan investasi yang dibutuhkan untuk membangun pabrik oleochemical sebagai industri hilir sekira Rp1,5 triliun. Adapun proses pembangunan pabrik selama dua tahun setengah.

Dirinya menambahkan, dalam melakukan pembangunan industri hilir melalui membangun pabrik oleochemical bisa dilakukan dengan mencari partner atau boleh berjalan sendiri dengan pendanaan sendiri.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Investasinya kira-kira Rp1,5 triliun prosesnya 2,5 tahun. Pabrik itu hanya dari PTPN III saja sudah cukup produksinya," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Dahlan menegaskan, pembangunan industri hilir ini sangat diperlukan oleh BUMN perkebunan. Sebab, hasil produksi dapat di ekspor dan mampu menekan angka defisit neraca perdagangan Indonesia.

"Kita memang harus banyak ekspor banyak lagi untuk membantu defisit neraca perdagangan kita," tambahnya.

Tidak hanya itu, sambung Dahlan, dirinya pun tidak ingin jajaran direksi BUMN perkebunan untuk melakukan perjanjian tanpa melihat klausul atau isi perjanjian tersebut. Pasalnya, jika ingin melakukan suatu perjanjian dengan investor maka BUMN harus tetap yang menjadi mayoritas dalam kepemilikan sahamnya.

"Pembangunannya saya silahkan kalau mau mencari partner, sendirian juga PTPN mampu, tapi mayoritasnya harus BUMN," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini