Share

Sistem Parkir Elektronik Stasiun Maksimalkan E-Money

Widi Agustian , Okezone · Kamis 24 Juli 2014 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 24 320 1017370 EdLk0zLgyn.jpg Sistem Parkir Elektronik Stasiun maksimalkan {E-Money}. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang bergerak di jasa perpakiran, PT Reska Multi Usaha (RMU), melakukan perubahan pada sistem perparkiran Park and Ride dengan menggunakan Sistem Parkir Elektronik (eParking Reska).

Pada sistem eParking Reska untuk akses dan bayar hanya dapat menggunakan Kartu Uang Elektronik (e-money) dan Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat juga digunakan untuk naik Commuter Line.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sistem parkir elektronik (eParking Reska) diberlakukan di 23 lokasi stasiun Jabodetabek dan Kantor Pusat KAI. Ke 23 lokasi dimaksud, antara lain Bogor, Cilebut, Bojong Gede, Citayam, Depok, Pondok Cina, Tanjung Barat, Duren Kalibata, Bekasi, Kranji, Cakung, Klender Baru, Klender, Parung Panjang, Cisauk, Serpong, Rawabuntu, Sudimara, Jurangmangu, Pondokranji, Kebayoran, Tangerang, dan Poris.

Untuk tahap pertama sudah dilakukan di enam lokasi, antara lain Bojonggede, Pondok Cina, Tanjung Barat, Cakung, Kebayoran, serta Pondok Ranji.

Untuk itu, sebagai pengelola parkir RMU telah menggandeng empat bank dan operator KRL yang akan membantu dalam implementasi eParking ini. Keempat bank akan mengeluarkan jenis kartu uang elektronik (emoney) sedangkan operator KRL akan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT).

Kelima jenis kartu tersebut dirancang untuk bisa terbaca oleh mesin manless di pintu masuk dan keluar halaman parkir. Kelima kartu tersebut juga dirancang agar bisa terintregasi dengan Moda Transportasi KRL.

Keempat bank tersebut adalah BCA, BRI, BNI dan Bank Mandiri sedangkan operator KRL dimaksud adalah PT KCJ. Pemilihan ke empat bank tersebut didasarkan pada banyaknya nasabah yang dimiliki masing-masing bank dalam wilayah Jabodetabek.

“Namun demikian kami masih perlu melakukan sosialisasi dan pengenalan produk uang elektronik dan parkir elektronik ini kepada masyarakat," kata Direktur Operasi PT RMU Porwanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/7/2014).

Uang elektronik yang bisa digunakan untuk masuk dan bayar parkir adalah Flazz dari BCA, BRIZZI dari BRI sedangkan BNI dengan kartu TapCash dan Bank Mandiri dengan kartu e-money. Kartu Multi Trip (KMT) juga bisa digunakan, hal ini dikarenakan sebagian besar pengunjung merupakan pengguna Commuter Line.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini